ITB Beberkan Fenomena Gerhana Matahari Tahun 2023: Bumi Akan Gelap

ITB Beberkan Fenomena Gerhana Matahari Tahun 2023: Bumi Akan Gelap

Infografis saat terjadi gerhana matahari total yang menyebabkan bumi menjadi gelap sesaat/ Tangkapan Layar Situs Resmi ITB--

JAKARTA, DISWAY.ID-Observatorium Bosscha Institut Tekonologi Bandung (ITB) menyatakan bahwa pada tahun 2023 bumi mengalami kegelapan sesaat.

Kegelapan sesaat itu akan terjadi pada 20 April 2023 oleh sebab fenomena gerhana matahari total.

Staf Divisi Pendidikan dan Penjangkauan Publik Observatorium Bosscha ITB Yatny Yulianty mengatakan, proses gerhana matahari berlangsung bertahap seiring dengan pergerakan bulan menutupi matahari sedikit demi sedikit.

"Sinar matahari terakhir akan terlihat melewati lembah-lembah di bulan hingga akhirnya tertutup sempurna pada fase total. Menyisakan pancaran bagian korona matahari yang menjulur dari tepi bulan setelah itu, bulan akan bergeser hingga matahari tampak utuh kembali,” katanya, mengutip situs resmi ITB.

Lebih lanjut Yatny menjelaskan, pada fase total, ada beberapa hal menarik yang dapat diamati karena intensitas cahaya matahari berkurang. 

Di mana keadaan akan tampak gelap seperti malam dengan bulan purnama, dan langit di daerah cakrawala seperti pada sore hari.

BACA JUGA:Ini Dia Fitur Terbaru dari Google Android 13 Versi Beta

"Atmosfer bumi akan mendingin, suhu akan turun, kelembapan naik, dan kecepatan angin berubah. Suasana juga akan cenderung sunyi karena hewan seperti burung, ayam, dan ternak bersiap untuk tidur, dan hewan malam berperilaku lebih waspada, meskipun hari masih siang,” katanya.

Penurunan suhu saat fase total bisa berkisar 6-15 derajat celcius.

Besarannya tergantung banyak faktor, seperti musim setempat, tutupan awan, dan panjang totalitas gerhana.

“Di Indonesia, gerhana matahari total baru tercatat tiga kali selama empat dasawarsa terakhir, yang terkini pada Maret 2016. Pada 20 April 2023 mendatang, gerhana matahari total dapat diamati di Indonesia bagian timur, dan di sebagain besar daerah akan teramati gerhana matahari sebagian,” katanya.

BACA JUGA:Fitur Baru Twitter, Circle Dikabarkan Akan Mirip Close Friends Instagram

Durasi maksimal dari gerhana matahari total adalah 1 menit 14 detik, yang dapat diamati sekitar 51 kilometer tenggara dari Pulau Timor.

Setelah 2023, Indonesia baru dapat menyaksikan gerhana matahari berikutnya pada 22 Juli 2028, meski hanya sebagian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Radar Banten