Profil Lengkap Lily Wahid, Anggota DPR yang Dipecat Usai Menentang Kenaikan BBM

Profil Lengkap Lily Wahid, Anggota DPR yang Dipecat Usai Menentang Kenaikan BBM

Lily Wahid-Radar Tegal-DNN-

JAKARTA, DISWAY.ID - Keluarga mantan Presiden RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) diselimuti kabar duka yang mendalam.

Adik kandung Gus Dur, Lily Khodijah Wahid meninggal dunia hari ini, Senin 9 Mei 2022. Kabar duka tersebut dikinformasikan oleh keponakan Lily Wahid, Firry Wahid.

"Innalillahi Wa Inna Illaihi Rojiun. Telah meninggal dunia, Ibu Lily Chadijah Wahid binti KH Abdul Wahid Hasyim hari ini Senin 9 Mei 2022 pukul 16.25," tulis Firry, dikutip dari PMJ NEWS, 9 Mei 2022.

BACA JUGA:Terungkap, 3 Bocil Pamer Alat Vital ke Perempuan Ternyata Disuruh Seorang Pria

Perlu diketahui, Lily Chodidjah Wahid atau yang akrab dipanggil Lily Wahid lahir Jombang 4 Maret 1948. Awal karier politiknya ia sempat ditempatkan sebagai Wakil Ketua Dewan Syuro DPP PKB. 

Kemudian pada Pemilu 2009, Lily akhrinya melenggang ke DPR setelah memenangkan pertarungan di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur II.

Lily Wahid ditempatkan di Komisi I DPR RI yang menangani Kementerian Luar Negeri Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia, Badan Intelijen Negara, Kementerian Pertahanan dan TNI.

BACA JUGA:Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun.. Adik Gus Dur, Lily Wahid Meninggal Dunia

Di DPR, Lily menjadi inisiator koalisi politisi perempuan di parlemen. Saat skandal Bank Century mencuat, Lily bersama delapan anggota DPR dari lintas fraksi berinisiatif membentuk Tim Sembilan.

Tim inilah yang menggagas usulan penggunaan hak angket DPR untuk mengusut kasus pengucuran dana Rp 6,7 triliun ke Bank Century.

Namun secara tak terduga Lily Chodidjah harus diberhentikan secara tidak adil karena dianggap terlalu kritis menentang kenaikan BBM dan mendukung Panitia Khusus Hak Angket Bank Century.

BACA JUGA:Menag Minta Ikhlaskan Dana Haji untuk IKN, Ini Penjelasan Kemenag

Meskipun demikian, Lily Chodidjah sempat mendukung muktamar PKB di Ancol tahun 2008 yang menempatkan Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum PKB. Setelah dipecat dari PKB, Lily Wahid pindah ke Partai Hanura.

Sedikit informasi, Lily adalah anak kelima dari enam bersaudara. Selain Gus Dur, ada juga saudaranya yang juga dikenal sebagai tokoh di Indonesia adalah Salahuddin Wahid atau Gus Solah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: