Tips Perawatan Sepeda Motor Setelah Tempuh Perjalanan Jauh, Perhatikan 5 Komponen Ini

Tips Perawatan Sepeda Motor Setelah Tempuh Perjalanan Jauh, Perhatikan 5 Komponen Ini

Tips Perawatan sepeda motor-M. Ichsan-

Menyoal umur pemakaian kampas rem, Slamet mengatakan bisa dipakai hingga 9-12 ribu kilometer. Namun, jika ketebalan kampas rem sudah menipis segera lakukan penggantian.

BACA JUGA:Shireen Abu Akleh, Wartawan Al Jazeera Tewas Ditembak Tentara Israel, Tertembak di Bagian Wajah

3. Filter Udara

Filter udara jadi salah satu komponen penting pada sepeda motor dan perlu perawatan rutin. Jika abai, dampak terburuknya adalah penurunan performa hingga kerusakan komponen mesin.

Ketika Anda melewati jalanan yang berdebu saat perjalanan mudik kemarin, filter udara berpotensi lebih cepat kotor. Jika kondisinya kotor, saran Slamet jangan dibersihkan sebaiknya mengganti dengan yang baru.

"Filter udara motor-motor sekarang sudah tipe basah, ada olinya dan tidak boleh dicuci apalagi menggunakan bensin. Bahan filter dari kertas itu akan rusak," pungkasnya.

BACA JUGA:Marc Marquez saat Ini; Tak Jatuh dari Motor Pun Bersyukur Sekali, Ada Apa dengan Honda RC213V?

4. Injektor atau Karburator

Selanjutnya adalah mengecek kondisi karburator atau injektor untuk motor-motor yang sudah berpengabut injeksi. Tapi Slamet menyarankan, jika tak memiliki keahlian sebaiknya menggunakan jasa mekanik kepercayaan saja.

Kedua komponen ini jadi peranti penting di sepeda motor, tugasnya menyuplai bahan bakar ke dalam mesin. Karburator atau injektor akan mengukur seberapa besar bensin yang disemprotkan ke dalam silinder piston.

Kotornya karburator atau injektor mungkin saja mengakibatkan mesin sering mati mendadak, penurunan performa, dan konsumsi BBM yang jadi tidak irit.

BACA JUGA:Status Gunung Anak Krakatau Naik Level 3, Masyarakat Dilarang Mendekat

5. Radiator

Kemudian komponen yang tak boleh luput dari inspeksi adalah radiator. Pastikan sistem pendinginan mesin bekerja normal sehingga gejala atau potensi overheat mesin tidak terjadi.

Menurut Slamet, tak semua motor dibenamkan komponen radiator, umumnya hanya untuk motor bermesin 150 cc ke atas saja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: