Eri Cahyadi: Nonton Persebaya vs Persis Tak Wajib Booster!

Eri Cahyadi: Nonton Persebaya vs Persis Tak Wajib Booster!

Kiper Persebaya Satria Tama dalam sebuah sesi latihan.--

Kegelisahan Bonek yang belum 18 tahun ke atas tak bisa nonton laga uji coba Persebaya vs Persis akhirnya sirna. Itu karena Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan menonton laga Persebaya vs Persis itu tak wajib booster.

“Ojo kuatir rek. Setelah perjuangan bersama Pemkot Surabaya dan Persebaya, bisa nribun bareng. Semua boleh nonton asal sudah vaksin dua kali atau booster,” tegas Eri Cahyadi, Jumat 13 Mei 2022.

Penegasan itu disampaikan Eri setelah menerima perwakilan tribun di Balai Kota kemarin. Para perwakilan tribun ini sebelumnya sempat menemui manajemen Persebaya. Menanyakan soal kewajiban booster untuk beli tiket.

“Wes ojo kuatir. Pokok sudah vaksin lengkap atau booster,” tandas Eri Cahyadi, disambut tepuk tangan para perwakilan tribun Bonek. 

Baca juga: Rekrutmen Calon Striker Persebaya Luc Castaignos Bisa Terkendala Keluarga

Bila kewajiban booster diberlakukan, maka Bonek yang belum berusia 18 tahun, tentu tak bisa menonton. Sebab vaksin dosis tiga atau booster hanya diberlakukan bagi mereka yang sudah berusia 18 tahun ke atas.

“Alhamdulilah akhirnya ada kabar gembira buat kami semua. Pertanyan besar yang selama ini menghantui akhirnya terjawab sudah,” terang Hasan Tiro, koordinator Tribun Timur.

Manajemen Persebaya merespon cepat perkembangan terbaru ini. Penjualan tiket dipastikan tidak akan lagi mewajibkan syarat booster. Minimal sudah vaksin dua kali maka bisa dilayani pembelian tiket.

“Kami akan ikuti apa yang menjadi keputusan tersebut. Penonton sudah vaksin lengkap atau booster,” terang Angkasa Danu, media officer Persebaya.

Baca juga: Gercep Beli Tiket Persebaya! Kapasitas Penonton Surabaya 729 Game Maksimal 33 Ribu

Keputusan Wali Kota Surabaya itu sebenarnya sudah tertera di Surat Edaran No. 443.2/7851/436.8.5/2022, yang dirilis 10 Mei 2022.

Pada pasal 3 poin C, dijelaskan bahwa kompetisi olahraga bisa dilaksanakan dengan menghadirkan penonton. Syaratnya kapasitas maksimal 75 persen untuk Surabaya yang berada di PPKM level 2. Selain itu penonton wajib sudah vaksin dua kali atau booster

Kewajiban yang sama juga diberlakukan untuk pemain, ofisial maupun panitia yang terlibat di kompetisi ini. Surat edaran itu merujuk pada Intruksi Mendagri no 24 Tahun 2022.

Sebelumnya, untuk mengantisipasi soal booster ini, Pemkot Surabaya dan Persebaya berkolaborasi menggelar vaksinasi massal di Gelora Pancasila Surabaya, Rabu 11 Mei 2022 lalu. Sebanyak 5.000 vaksin Pfizer yang disediakan, ludes terserap. Tingginya animo ini, tak lepas dari syarat booster untuk bisa hadir di stadion.(*)

Sumber: harian disway