MLFF Jalan Tol Diterapkan Bertahap Akhir Tahun Ini, GT E-Toll Tidak Dihilangkan

MLFF Jalan Tol Diterapkan Bertahap Akhir Tahun Ini, GT E-Toll Tidak Dihilangkan

Ilustrasi/MLFF akan diterapkan secara bertahap akhir tahun ini, GT E-toll tidak dihilangkan-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID-Pemerintah Indonesia berupaya untuk menerapkan system pembayaran tanpa henti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di jalan tol

Kepala Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT), Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang Parikesit mengatakan, pihaknya sedang menggarap implemantasi sistem transaksi tol non tunai nirsentuh berbasis MLFF Jalan tol.

Danang Parikesit mengatakan, tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada akhir tahun 2022 ini tanpa menghilangkan transaksi jenis kartu elektronik atau E-Toll.

BPJT akan berlakukan sistem MLFF pada beberapa ruas jalan tol tanpa menghilangkan gerbang tol (GT) kartu elektronik atau E-Toll. 

BACA JUGA:Uji Coba MLFF Pengganti E-Toll akan Diterapkan di 2 Kota, Bayar Tol Tak Perlu Antre Lagi Nih

"Tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol, dimana sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik," katanya kepada disway.id, Kamis 19 Mei 2022. 

Menurut Danang, implementasi MLFF jalan tol direncanakan akan dilakukan bertahap pada akhir tahun 2022 ini.

"Penerapannya direncanakan akhir tahun 2022, untuk ruasnya (ruas tol penerapan MLFF) masih dalam tahap pembahasan," tuturnya. 

Adapun di Indonesia, MLFF akan menggunakan teknologi ETC Global Navigation Satelite System (GNSS). Ini serupa dengan teknologi yang digunakan di negara-negara Eropa Timur. 

BACA JUGA:E-Toll Bakalan Dicabut Akhir 2022 Digantikan MLFF, Gak Pakai Berhenti Lagi Masuk Tol

Teknologi yang diterapkan pada Sistem Transaksi Nontunai MLFF GNSS yaitu merupakan sistem pembayaran menggunakan alat yang dipasang di mobil dan dibaca lewat satelit. 

Teknologi ini akan mengenali dan mengidentifikasi kendaraan pengguna, sehingga transaksi dapat dilakukan secara langsung, lebih cepat, dan efisien, tanpa antrean dan tundaan transaksi.

Penerapan waktu transaksi di gerbang tol turun hanya menjadi 0 detik dari kegiatan transaksi gerbang tol dengan uang elektronik sebelumnya yang memakan waktu hingga sekitar 4 detik, jika dilihat terdahulu, waktu transaksi dengan uang kartal adalah sekitar 10 detik lamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: