Uji Coba MLFF Pengganti E-Toll akan Diterapkan di 2 Kota, Bayar Tol Tak Perlu Antre Lagi Nih

Uji Coba MLFF Pengganti E-Toll akan Diterapkan di 2 Kota, Bayar Tol Tak Perlu Antre Lagi Nih

Jika e-toll dicabut digantikan MLFF, pengendara tidak harus mengeluarkan biaya untuk membeli alat baru seperti program pemerintah sebelumnya.-pupr-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pembayaran tol nantinya akan menggunakan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) pada akhir 2022.

Sitem MLFF tersebut rencananya akan menggantikan E-toll, dengan tujuan mempermudah pengendara lakukan pembayaran tol di masa mendatang.

Pengendara yang mengunakan MLFF tak perlu lagi berhenti di pintu tol untuk melakukan transaksi, sehingga tidak menimbulkan antrean lagi.

Menurut informasi, MLFF akan terlebih dahulu diujicobakan di sejumlah ruas jalan tol di Jakarta dan Bali yaitu di Jalan Tol Dalam Kota, Tol Metropolitan Jabodetabek, Tol Jakarta-Tangerang, Tol Tangerang-Merak, Tol Jakarta-Cikampek, dan Tol Bali Mandara.

BACA JUGA:Anies Baswedan Jalin Kerjasama Dengan Transport Studies Unit Oxford University Untuk Pembanggunan Jakarta

BACA JUGA:Sempat Bersitegang, Nathalie Holscher Ungkapkan Pesan Penting di Hari Ulang Tahun Anak Sule: Ingat Selalu...

Cara kerjanya, pengendara cukup berjalan dengan kecepatan normal dan melalui Global Navigation Satelit System (GNSS) maka sistem secara otomatis akan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone.

Untuk menggunakan aplikasi itu, para pengendara cukup melakukan pendaftaran (registrasi), agar terhubung dengan plat nomor kendaraan.

Nantinya GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system. Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

BACA JUGA:Klub Bola Atta Halilintar dan 2 Lainnya Bakal Gunakan Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi

BACA JUGA:Catat! Ini Jadwal dan Syarat Pendaftaran PPDB Jenjang SMA di DKI Jakarta 2022

Kebijakan dari pemerintah agar e-toll dicabut digantikan MLFF berbeda dengan program sebelumnya.

Jika e-toll dicabut digantikan MLFF, pengendara tidak harus mengeluarkan biaya untuk membeli alat baru seperti program pemerintah sebelumnya.

Sebelum e-toll dicabut digantikan MLFF, pemilik harus membeli alat Electronic on board unit (E-OBU) atau On board unit (OBU).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: