Sistem Tol Nontunai Nirsentuh Mulai Dipasang di Tol Jagorawi dan JORR, Ini Titiknya

Sistem Tol Nontunai Nirsentuh Mulai Dipasang di Tol Jagorawi dan JORR, Ini Titiknya

Tarif Tol Jagorawi-Ilustrasi/bpjt Kemenpupr-

JAKARTA, DISWAY.ID-Penerapan sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh atau bayar tol tanpa henti (Multi Lane Free Flow/ MLFF) berbasis aplikasi memasuki babak baru. 

Sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh atau bayar tol tanpa henti atau gantry MLFF akan dipasang pertama di jalan tol Jagorawi KM 18+370 arah Ciawi pada 19-20 Oktober 2022 lalu. 

Sementara pemasangan kedua akan dilakukan di jalan tol JORR S KM33+635 mulai Minggu 23 Oktober 2022 pukul 22.00 WIB sampai dengan Senin 24 Oktober pukul 04.00 WIB.

BACA JUGA:Mengenal Aplikasi Cantas untuk Pembayaran Tol Nontunai Nirsentuh Tanpa Berhenti, Begini Cara Kerjanya

Mengutip keterangan BPJT, PT Hutama Karya (Persero) sebagai operator tol ruas JORR S telah berkoordinasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR dan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai pelaksana MLFF untuk memastikan pekerjaan berjalan lancar dan aman. 

Sejumlah petugas keamanan dan pengaturan lalu lintas akan disiagakan. 

Selain itu, rambu pengamanan pekerjaan sesuai standar juga disiapkan, termasuk rambu pengaturan lalu lintas dan lampu selang.

Pengaturan lalu lintas berupa penutupan lajur akan dilakukan secara situasional atas diskresi dari pihak Kepolisian. 

PT Hutama Karya (Persero) mengimbau pengguna jalan agar mengatur waktu perjalanan dengan memperhatikan jadwal pekerjaan tersebut dan mengecek kondisi lalu lintas sebelum melakukan perjalanan.

BACA JUGA:MLFF Jalan Tol Diterapkan Bertahap Akhir Tahun Ini, GT E-Toll Tidak Dihilangkan

Setelah terpasang, akan dilakukan uji coba pada kedua gantry di jalan tol Jagorawi dan JORR S tersebut untuk memastikan semua sistem peralatan bekerja dengan baik.

Gantry ini dilengkapi kamera yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) berbasis perangkat lunak. 

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, penerapan sistem MLFF rencananya akan dilakukan secara bertahap di beberapa ruas jalan tol. Adapun ruas mana yang akan diujicobakan, masih dalam tahap pembahasan.

"Untuk tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol, dimana sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik," ujar Danang di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: