Zhong vs Zong

Zhong vs Zong

TELAH lahir: orang terkaya baru.

Prestasi: mengalahkan kekayaan Jack Ma, boss Alibaba.

***

Pun di masa pandemi seperti ini. Masih bisa saja lahir orang kaya baru. Yang padahal bisnisnya air minum dalam kemasan –ditambah memproduksi reagen, cairan untuk tes virus apa saja, termasuk Covid-19.

Namanya: Zhong Shanshan (???). 

Sejak hari Rabu lalu Mr Zhong menjadi orang terkaya nomor 2 di Asia. Berarti juga menggeser Li Ka Shing, yang selama ini dikenal sebagai orang terkaya nomor 2 Asia dari Hong Kong. Jangan-jangan juga sudah mengalahkan Mukesh Ambani yang dari India.

Menariknya orang baru terkaya nomor 1 di Tiongkok ini juga orang dari kota Hangzhou. Satu kota dengan Jack Ma.

Yang menarik, itu tadi, kekayaannya bukan datang dari teknologi internet seperti Jack Ma. Bukan juga dari bisnis keuangan. Atau real estate. Tapi dari bisnis tradisional: jualan air minum.

Kenapa baru Rabu lalu Mr Zhong dinobatkan naik menjadi orang terkaya di Tiongkok?

Itu karena, di hari Rabu 23 September 2020 itu, perusahaannya go public di Hong Kong.

Nama perusahaannya: Nongfu Spring Co (????).

Dengan go public hari Rabu lalu itu Nongfu mengeruk uang dari pasar modal Hong Kong sebesar 1 miliar dolar Amerika. Atau sekitar Rp 15.000 triliun.

Betapa kuat Hong Kong. Di tengah serangan hebat pihak Barat ke Hong Kong, satu perusahaan saja masih bisa mendapat dana Rp 15.000 triliun. Pun di masa pandemi seperti ini.

Mr Zhong bukan hanya mengalahkan Jack Ma. Yang penting ia juga mengalahkan orang kaya Hangzhou lainnya. Yakni: Zong Qinghou (???).

Mr Zong adalah bos perusahaan besar di Hangzhou: Wahaha. Yang bisnisnya juga air minum dalam kemasan.

Mr Zhong punya merek "Nongfu".

Mr Zong punya merek "Wahaha".

Persaingan Nongfu lawan Wahaha adalah persaingan bisnis yang sempurna. Sama-sama jualan air, sama-sama dari kota Hangzhou, sama-sama ingin menguasai pasar seluruh negara.

Awalnya Wahaha yang unggul. Nama Wahaha itu diambil dari suara bayi tertawa setelah hausnya hilang karena mendapat susu ibu.

Wahaha juga sangat terkenal karena terbuka untuk menjalin joint venture dengan Danone Prancis. Lalu lebih terkenal lagi karena, setelah itu, bertengkar hebat dengan Danone. Sampai gugat-menggugat di pengadilan. Bertahun-tahun.

Energi untuk bertengkar itu luar biasa borosnya. Apalagi muncul pesaing baru di kota itu: Nongfu. Yang semula dikenal sebagai perusahaan farmasi.

Nongfu pun menjual latar belakangnya itu untuk promosi mengalahkan dominasi Wahaha: menjual air minum yang sehat.

Sedang Wahaha itu awalnya perusahaan daerah yang nyaris bangkrut. Lalu diswastakan. Mr Zong mengelolanya dengan hebat. Menjadi perusahaan sangat besar. Kisah menjadi besarnya Wahaha juga melegenda. Terutama karena Mr Zong orang yang amat sederhana. Pun setelah menjadi bos besar. Ia tetap pakai pakaian dan mobil murah. Dan yang terkenal adalah janjinya pada diri sendiri: hanya akan belanja maksimum 20 dolar sehari.

Belakangan Mr Zong merasa lelah bertengkar dengan Danone. Kedua belah pihak memilih menyelesaikan perselisihan itu dengan damai.

Tapi Nongfu sudah telanjur besar. Setidaknya sama besar dengan Wahaha.

Maka terjadilah pertempuran marketing terhebat dalam sejarah bisnis air minum di Tiongkok. Beruang iklannya besar-besaran. Terus menerus.

Nongfu sampai menyediakan alat-alat test mutu air di mal-mal. Silakan konsumen mengetes sendiri di situ secara langsung. Konsumen diminta membandingkan sendiri dengan air minum kemasan lainnya.

Terjadilah perang promosi yang mendidik. Yakni di bidang ukuran sehat tidaknya air minum. Termasuk kadar mineral seperti apa yang sehat.

Wahaha lantas mengumumkan akan mencari sumber air yang paling sehat: dari puncak pegunungan Himalaya. Dari Tibet. Dari salju yang dicairkan.

Ternyata gagal. Mahal sekali. Terutama ongkos angkutnya.

Dan lagi, setelah dites ternyata mengandung terlalu banyak zat besi.

Nongfu mendapatkan bahan baku dari danau "Seribu Pulau''. Danau itu di atas pegunungan, sekitar 3 jam dari kota Hangzhou.

Saya dua kali ke danau yang sangat indah itu. Banyak sekali pulau di tengah danau itu. Bukan pulau yang berpenghuni.

Danau itu sebenarnya tidak asli. Itulah danau yang terbentuk akibat dibangunnya bendungan besar. Bendungan itu sendiri dibangun untuk memperoleh listrik tenaga air.

Ke pembangkit yang dibangun di zaman Rusia itulah tujuan saya sebenarnya. Tapi mata tak bisa terelakkan untuk ikut menikmatinya –bersama ribuan turis yang ke situ.

Kali ini, tahun ini, Wahaha kalah lagi: Nongfu-lah yang lebih dulu go public. Padahal Wahaha juga sudah lama merencanakan go public. Nilai uang yang diinginkan dari pasar modal juga sekitar Rp 15.000 triliun.

Tapi Wahaha masih tetap dominan di Tiongkok. 

Setiap kali saya ke Tiongkok tidak pernah pilih-pilih minum air yang mana. Kalau pun lagi ke supermarket dua merek itu sangat mendominasi.

Nongfu (artinya: petani) telah bikin kejutan: bisnis tradisional mampu mengalahkan bisnis teknologi baru. Mr Zhong bisa mengalahkan Mr Ma.

Kekayaan Mr Zhong kini USD 58.7 miliar. Lebih kaya USD 2 miliar dari Jack Ma. Tapi saya malas menghitung sekian dolar itu sama dengan berapa rupiah. (Dahlan Iskan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 137

  • Naksi Nalhadd
    Naksi Nalhadd
  • kw
    kw
  • alamsta
    alamsta
  • fans
    fans
  • Msbi
    Msbi
    • Ssss
      Ssss
  • May be
    May be
  • Keyboard Error Al Maliki
    Keyboard Error Al Maliki
    • Didi
      Didi
  • Ini
    Ini
    • Itu
      Itu
  • sisi
    sisi
  • Tukang ketik
    Tukang ketik
    • Wong licik
      Wong licik
  • Ajj jae
    Ajj jae
  • Ikhsan
    Ikhsan
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
  • Nurwied
    Nurwied
    • Nurwied
      Nurwied
    • Mustofa
      Mustofa
    • PamanKura
      PamanKura
  • Sapapua
    Sapapua
  • Rahmadi Heru
    Rahmadi Heru
    • Rahmadi Heru
      Rahmadi Heru
  • Syahdami
    Syahdami
  • Fadli zhong
    Fadli zhong
    • Tukiyem
      Tukiyem
    • Ghoz
      Ghoz
  • Fendi
    Fendi
  • Denik
    Denik
  • Hamsah Halim
    Hamsah Halim
    • Firdaus
      Firdaus
  • Firman
    Firman
  • Jimmy
    Jimmy
  • asi
    asi
    • asu
      asu
    • Ichal
      Ichal
  • sisi
    sisi
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
  • Hendra permana
    Hendra permana
  • didi
    didi
  • Jujur_studi_obat
    Jujur_studi_obat
    • Kik Kuk
      Kik Kuk
    • awu
      awu
  • ZHONK
    ZHONK
  • Fauzan
    Fauzan
    • TKNGBAN
      TKNGBAN
    • 33
      33
  • Jco
    Jco
  • Wahaha
    Wahaha
  • Rakyat62
    Rakyat62
  • Nurkolis
    Nurkolis
  • Bayu Kurniawan
    Bayu Kurniawan
  • Zaki m
    Zaki m
    • Juwono
      Juwono
    • Petani nongfu
      Petani nongfu
    • DENIK
      DENIK
    • Akhmad
      Akhmad
  • Dwi Budi Hermawan
    Dwi Budi Hermawan
  • Aziz
    Aziz
    • Bawok
      Bawok
    • donwori
      donwori
  • Maccamadinah
    Maccamadinah
  • Ahmad Karni
    Ahmad Karni
  • Otole
    Otole
  • Bam'shary
    Bam'shary
  • Recycle bin Abdul
    Recycle bin Abdul
    • Lia
      Lia
    • heri
      heri
  • Bagus
    Bagus
  • Luqi Khoiriyah Latif
    Luqi Khoiriyah Latif
  • SwadjiPar
    SwadjiPar
    • Mekso
      Mekso
    • MujibBJm
      MujibBJm
  • Setro
    Setro
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
  • cleo
    cleo
    • cleo
      cleo
  • Widodo_i
    Widodo_i
  • Denik
    Denik
  • Eko Hariyanto
    Eko Hariyanto
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
  • Cireng
    Cireng
  • Gunawan
    Gunawan
  • Adi
    Adi
  • Kak Idam
    Kak Idam
    • Telo
      Telo
  • Hariyanto
    Hariyanto
    • Gakmaunolbanyak
      Gakmaunolbanyak
  • Nur Halim
    Nur Halim
  • Setnov
    Setnov
    • Test
      Test
    • Otole
      Otole
    • Klub Garong
      Klub Garong
  • MasSis
    MasSis
    • mase
      mase