Kondisi Terkini Ukraina, Laporan Langsung Kontributor Harian Disway, Bud Wichers

Kondisi Terkini Ukraina, Laporan Langsung Kontributor Harian Disway, Bud Wichers

Mengenaskan, mungkin inilah kata pertama yang bisa di ungkapkan dengan kondisi terkini Ukraina yang dilaporkan langsung oleh kontributor Harian Disway, Bud Wichers. --Bud Wichers/Harian Disway

JAKARTA, DISWAY.ID – Mengerikan , mungkin inilah kata pertama yang bisa di ungkapkan dengan kondisi terkini Ukraina yang dilaporkan langsung oleh kontributor Harian Disway, Bud Wichers.

Setelah 3 bulan diserbu oleh pasuka Rusia, kontributor Harian Disway Bud Wichers kaget dengan kondisi terkini Ukraina.

Banyaknya gedung sipil yang hancur serta kuburan masal ditemukan di mana-mana. 

BACA JUGA:Parah! Ruhut Retweet Editan Foto Presiden Jokowi Lagi Tambal Ban

Kondisi terkini Ukraina ternyata lebih mengerikan ketimbang liputan pertamanya, dua bulan lalu.

“In Ukraine, now (di Ukraina, sekarang, Red),” tulis Budi secara singkat dalam pesan WhatsApp yang dikirim, Senin 30 Mei 2022.

Pada waktu yang sama, ia mengirim foto rambu penanda bertulisan Ukraina dengan huruf alfabet dan aksara Kiril (cyrilic) dari balik kaca bus yang mengantarnya dari perbatasan Polandia. 

Dilansir dari Harian Disway.Id, saat mengirim pesan balasan, tapi centang satu dan Budi tidak bisa ditelepon setelah mengirim gambar itu sehingga kehilangan kontak setelah ia masuk ke wilayah Ukraina. 


Bud Wichers (tiga dari kiri) berfoto bersama wartawan Jerman dan warga lokal saat beristirahat di Kota Bucha yang hancur lebur, Selasa (1 Juni 2022). -Bud Wichers/Harian Disway-Bud Wichers/Harian Disway

Ketika liputan ia tak mengeluarkan ponsel karena Budi lebih fokus memotret dan wawancara. Akan tetapi saat ini ia sedang di bus dan seharusnya lebih sering memegang ponsel.

Sudah jadi rahasia umum bahwa Rusia menyerang secara membabi buta, di mana kendaraan dan gedung sipil bisa diserang sewaktu-waktu. 

Pihak Rusia telah meminta rakyat Ukraina dievakuasi agar tidak ada korban sipil, namun banyak warga yang memilih bertahan untuk menunjukkan perlawanan. 

BACA JUGA:Jadwal Community Shield Liverpool vs Manchester City Dimajukan, Catat Tanggal dan Waktunya

Hal inilah yang membuat keselamatan jurnalis terancam.

Setelah dua jam menunggu, Budi akhirnya merespons dan mnagungkapkan bahwa ia masih dalam perjalanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: