Gesekan Muslim Vs Hindu Pecah di New Delhi, 1 Tewas

Gesekan Muslim Vs Hindu Pecah di New Delhi, 1 Tewas

Bentrokan pecah selama prosesi keagamaan Hindu di ibu kota India, New Delhi, sejak Sabtu 16 April 2022 hingga Minggu 17 April 2022 dini hari WIB, Sejumlah orang terluka, termasuk polisi.-INA -

Sementara itu, di negara bagian asal Modi, Gujarat, pihak berwenang menghancurkan toko-toko milik warga yang diduga terlibat dalam kerusuhan. 

”Akibat peristiwa itu 1 orang tewas,” kata seorang pejabat di distrik Anand di Gujarat, di lokasi tempat bentrokan meletus.

Polisi dan pihak berwenang setempat mengatakan setelah bentrokan bahwa mereka bebas dari bias dan bertindak sesuai hukum.

Sementara, politisi oposisi menuduh partai nasionalis Hindu sayap kanan, Bharatiya Janata Party, memicu ketegangan antara mayoritas Hindu dan Muslim di negara bagian yang dikuasainya.

Pemimpin dari 13 partai oposisi telah mengeluarkan pernyataan bersama yang menyerukan perdamaian dan kerukunan dan setelah bentrokan agama.

”Kami sangat sedih dengan cara di mana isu-isu yang berkaitan dengan makanan, pakaian, keyakinan, festival dan bahasa yang sengaja digunakan oleh bagian dari kekuasaan untuk mempolarisasi masyarakat kita,” kata terang Bharatiya Janata Party.

Polisi di negara bagian Uttar Pradesh yang paling padat penduduknya di India pada hari Jumat 15 April 2022. 

Aparat menangkap 9 orang dari kelompok Hindu garis keras yang diduga membakar rumah seorang pria Muslim yang menikah dengan seorang wanita Hindu. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters