Kloter Pertama Jemaah Calon Haji Berangkat 5 Juni 2022, Ini Penjelasan Kemenag

Kloter Pertama Jemaah Calon Haji Berangkat 5 Juni 2022, Ini Penjelasan Kemenag

Kementerian Agama (Kemenag) melalui Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief mengatakan keberangkatan haji kloter pertama Jemaah Calon Haji (JHC) terjadwal tanggal 5 Juni 2022. 

Hilman Latief mengatakan, pemerintah telah menghitung waktu dan proses keberangkatan bagi jamaah  walau belum ada kepastian pemberangkatan. 

 “Waktu untuk persiapan penyelangaran ibadah haji berdasarkan asumsi normal, kerberangkatan haji kloter pertama Jemaah Calon Haji (JCH) akan berangkat pada 5 Juni 2022,” kata Hilman dalam rapat bersama Komisi VIII DPR RI di Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Jika berdasarkan perhitungan tersebut, maka waktu persiapan yang dimiliki pemerintah yakni 2 bulan 10 hari dari sekarang. Dengan waktu sesingkat itu, persiapan harus segera dimulai.

Di sisi lain, Kemenag tetap optimis jika ibadah haji digelar tahun ini. Pemerintah terus berkoordinasi dengan kerajaan Arab Saudi untuk mendapat kepastian penyelenggaraan ibadah haji.

“Kami optismis pada 2022 pemerintah Saudi akan selenggarakan ibadah haji dengan mengundang jamaah dari negara lain, walaupun dengan kuota terbatas,” jelas Hilman.

Seperti diketahui Arab Saudi telah mencabut semua pencegahan terkait pandemi Covid-19. Salah satunya menghapus syarat karantin mulai 5 Maret 2022 lalu. Namun, semua penumpang yang tiba di negara tersebut diminta untuk memiliki asuransi kesehatan untuk menutupi biaya perawatan dari infeksi Corona selama berada di Arab Saudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: