Waspada! UI hingga UGM Disebut Jadi Target Utama Kelompok Paham Radikal

Waspada! UI hingga UGM Disebut Jadi Target Utama Kelompok Paham Radikal

Universitas Gadjah Mada (UGM)-Istimewa-UGM

JAKARTA, DISWAY.ID - Mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi era Presiden Gus Dur, Muhammad A.S. Hikam menyebut, bahwa perguruan tinggi negeri di Indonesia menjadi target utama bagi kelompok berpaham radikalisme.

Kampus-kampus negeri tersebut diantaranya, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). 

BACA JUGA:Tega! Ibu Jual Anak Kandung ke Hidung Belang, Tarifnya Murah Banget

"Universitas terkenal di negara Indonesia, seperti ITB, IPB, UI, UGM, ITS, dan lain-lain itu adalah target utama dari pengembangan dari ide-ide radikalisme," kata Hikam dalam seminar yang digelar Universitas Paramadina, dikutip Sabtu 4 Juni 2022.

Menururt Hikam, mahasiswa merupakan target paling penting bagi gerakan kelompok radikal. Hal itu karena jumlah mahasiswa yang besar serta bisa menyuarakan aspirasinya ke ranah publik.

"Mahasiswa tidak hanya menjadi target penyebaran paham, tetapi juga disiapkan untuk dijadikan aktor utama gerakan radikal," ujarnya.

BACA JUGA:Ukraina Pukul Mundur Tentara Rusia dari Donbas, Pertempuran Makin Sengit!

Terkait pola perekrutan, kata Hikam, hal itu dilakukan dengan cara lembut maupun keras. Menurutnya, kelompok radikal tahu bagaimana bisa mendapat perhatian di hati mahasiswa.

"Mahasiswa bisa jadi target pengembangan ideologi dan target pelaku di dalam kegiatan-kegiatan terorisme," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: