Besok Puasa? Kemenag RI: Kita Tunggu Hasil Sidang Isbat

Besok Puasa? Kemenag RI: Kita Tunggu Hasil Sidang Isbat

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib-Kemenag RI-

JAKARTA, DISWAY.ID-Penetapan awal Ramadan 1443 H kemungkinan mulai 2 April 2022 atau 3 April 2022.

Terkait ini, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementrian Agama Adib mengajak masyarakat untuk menunggu hasil sidang Isbat

“Kita tunggu hasil Sidang Isbat,” tegas Adib di Jakarta, mengutip situs Kemenag, Kamis 31 Maret 2022, 

Menurut Adib, Sidang Isbat awal Ramadan 1443 H akan digelar pada 1 April 2022, bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H. 

Sidang Isbat dihelat oleh Kementerian Agama, sebagaimana amanah fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No 2 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah. 

Adapun terpantau pada akun Kemenag RI, Sidang Isbat akan dilaksanakan telekonferensi pada Jumat 1 April 2022, pukul 19.15WIB sore ini. 

Sebagaimana yang selama ini berjalan, lanjut Adib, Sidang Isbat dihadiri oleh MUI, perwakilan ormas Islam, DPR, sejumlah duta besar negara sahabat, serta kementerian dan lembaga terkait. 

Kementerian Agama berperan sebagai fasilitator bagi para ulama, ahli, dan cendekiawan untuk bermusyawarah menetapkan awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah. Forum ini sekaligus menjadi sarana untuk berdiskusi.

“Sidang Isbat selama ini menjadi sarana bertukar pandangan para ulama, cendekiawan, maupun para ahli terkait penetapan awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah. Hasil sidang isbat ini akan segera diinformasikan kepada masyarakat agar bisa dijadikan sebagai pedoman," jelasnya

Terkait perbedaan, Adib mengaku bahwa potensi itu ada saja. Sebelumnya, pernah juga terjadi perbedaan awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah. Hal itu bisa terjadi karena adanya perbedaan metode penetapan. Ada yang menggunakan metode Hisab Wujudul Hilal, ada yang menggunakan Imkanur-Rukyat.

“Jika pun ada beda awal Ramadan, sudah semestinya kita mengedepankan sikap saling menghormati agar tidak mengurangi kekhusyu’an dalam menjalani ibadah puasa,” pesannya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: