4 Manfaat Puasa di Bulan Ramadan Bagi Kesehatan

4 Manfaat Puasa di Bulan Ramadan Bagi Kesehatan

JAKARTA, DISWAY.ID-Berpuasa di bulan ramadan tak sekedar menjalankan perintah agama, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan imunitas. 

Berikut adalah 4 manfaat berpuasa bagi kesehatan, antara lain :

1. Tubuh mendapatkan fase istirahat usus dan perut serta membantu detoksifikasi atau pembuangan racun dari dalam tubuh secara alami.

2. Puasa juga bisa mengurangi kadar lemak tubuh. Di mana Kelebihan lemak tubuh bisa merusak keseimbangan sistem kekebalan tubuh manusia. Lemak yang banyak akan memicu produksi sel, yang menyebabkan peradangan pada organ tubuh, memicu munculnya penyakit pembuluh darah dan masalah kesehatan lainnya

 3. Rasa lapar memicu sel-sel induk dalam tubuh untuk memproduksi sel darah putih baru untuk melawan infeksi. Para peneliti menyebutkan bahwa puasa berfungsi sebagai pembalik sakelar regeneratif yang mendorong sel induk menciptakan sel darah putih baru. Penciptaan sel darah putih baru inilah, yang menjadi dasar regenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh.

4. Puasa bermanfaat dalam merestart sistem kerja tubuh. Kondisi ini membantu menciptakan lingkungan yang sehat bagi tubuh untuk meregulasi hormon.

Mengutip sumber Radar Banten, mereka yang makan setiap tiga sampai empat jam sekali tidak sempat mengalami lapar, sehingga tidak merasakan kemampuan tubuh untuk menyampaikan sinyal lapar.

Ketika asupan makanan untuk tubuh dihentikan selama 12 jam, tubuh dapat lebih fokus pada kemampuannya untuk meregenerasi sel.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: