Tol Ciawi - Sukabumi Rampung Tahun Ini, Jarak Tempuh Jakarta - Pelabuhan Ratu Nanti Hanya 2 Jam

Tol Ciawi - Sukabumi Rampung Tahun Ini, Jarak Tempuh Jakarta - Pelabuhan Ratu Nanti Hanya 2 Jam

Pembangunan tol Ciawi-Sukabumi sudah 79 persen dan ditargetkan tuntas tahun 2022 ini--BPJT

JAKARTA, DISWAY.ID-Jalan Tol Ciawi - Sukabumi ditargetkan rampung akhir tahun 2022 ini. 

Tol Ciawi-Sukabumi nantinya akan memangkas jarak tempuh Jakarta-Sukabumi dan sekitarnya. Biasanya, jarak tempuh Jakarta-Pelabuhan Ratu akan memakan waktu 5 jam. Dengan adanya Tol Ciawi-Sukabumi jarak tempuh hanya 2 hingga 2,5 jam.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menjelaskan, saat ini Pemerintah melalui Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola ruas Tol Ciawi - Sukabumi tengah menyelesaikan konstruksi Seksi 2.

Dikatakan Hedy, dengan ditargetkannya Seksi 2 dapat selesai pada akhir tahun mendatang Jalan Tol Ciawi - Sukabumi memberikan peran penting dalam memangkas waktu tempuh berkendara dari Jakarta ke Sukabumi.

BACA JUGA: Warga Blokir Jalur Utama Sukabumi - Bogor, Jalan Rusak Tak Kunjung Diperbaiki

"Jika sebelumnya dari Jakarta ke Sukabumi 5 jam, nantinya dari Jakarta ke Pelabuhan Ratu nantinya hanya menempuh waktu 2 hingga 2,5 jam saja," katanya.

Hedy menambahkan, untuk Seksi 2 ditargetkan selesai pada akhir tahun 2022, sehingga waktu tempuh berkendara melewati Jalan Tol Ciawi - Sukabumi akan semakin lebih cepat dalam memberikan dukungan mobilitas kendaraan logistik di Jawa Barat," ujar Hedy.

Tol Ciawi-Sukabumi memiliki 4 Seksi hingga saat ini tengah dilanjutkan konstruksinya dari total panjang keseluruhan 54 Km yang tengah dikerjakan konstruksinya adalah Seksi 2 ruas Cigombong - Cibadak sepanjang 11,90 Km dengan progres konstruksi 79,50 persen dan ditargetkan selesai konstruksinya pada akhir tahun 2022 mendatang.

BACA JUGA:Rombongan PAUD Kecelakaan di Sukabumi, Satu Orang Meninggal

Saat ini untuk Seksi 1 sudah beroperasi ruas Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35 Km sejak Desember 2018 lalu. Kemudian kedua Seksi lainnya adalah Seksi III ruas Cibadak - Sukabumi Barat sepanjang 13,70 Km dengan progres pembebasan lahan 42,07 persen, dan Seksi IV ruas Sukabumi Barat - Sukabumi Timur sepanjang 13,05 Km dengan progres pembebasan lahan 9,59 persen.

Sekretaris BPJT Kementerian PUPR Triono Junoasmono juga menambahkan, kehadiran Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) juga nantinya akan semakin memberikan dampak positif terharap perekonomian dan peningkatan usaha di wilayah Jawa Barat, khususnya Bogor, maupun Sukabumi. 

Jalan Tol ini juga akan memberikan dukungan terhadap konektivitas menuju banyak pariwisata terkenal dengan keindahan alamnya di wilayah Jawa Barat, seperti pantai di Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Geopark Ciletuh, hingga Gunung Gede dan banyak wisata lainnya yang cukup menarik untuk disinggahi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait