Terdeteksi di Rusia, Subvarian Covid-19 BA.4 Lebih Menular dari Omicron

Terdeteksi di Rusia, Subvarian Covid-19 BA.4 Lebih Menular dari Omicron

Ilustrasi: Hasil tes medis terhadap Omicron varian BA.4 dan BA.5. -Pixabay/@geralt-

MOSKOW, DISWAY.ID- Subvarian baru Omicron BA.4 terdeteksi di Rusia. Ilmuan Rusia Kamil Khafizov mengatakan, varian Covid-19 baru BA.4 dominan pada kasus covid-19. 

Sub-garis keturunan BA.4 dari varian omicron SARS-CoV-2 telah terdeteksi di Rusia, ilmuwan Kamil Khafizov mengatakan kepada wartawan pada hari Minggu.

“Genom garis keturunan BA.4 dari virus SARS-CoV-2 telah disimpan ke dalam basis VGARus, yang dikembangkan oleh Institut Penelitian Ilmiah Pusat Epidemiologi Rospotrebnadzor,” kata Khafizov mengutip kantor berita Rusia, Minggu 12 Juni 2022.

"Satu sampel disimpan oleh Smorodintsev Research Institute of Influenza dan satu lagi  oleh Rospotrebnadzor's Central Scientific Research Institute of Epidemiology."

BACA JUGA:Omicron Kian Menyebar di Tiongkok

Menurut Kepala Laboratorium Genon Institut itu, sampel tersebut dikumpulkan pada akhir Mei.

"Saat ini varian BA.2 dan sub-variannya dominan di Rusia, terhitung sekitar 95 persen dari semua kasus baru," katanya.

Menurut ahli, kekebalan kawanan yang baik, diperoleh melalui vaksinasi dan gelombang sebelumnya dari virus corona baru, mencegah penyebaran sub-varian omicron baru di Rusia saat ini.

"Namun, sejumlah penelitian yang diterbitkan akhir-akhir ini menunjukkan bahwa sub-garis keturunan omicron BA.4 dan BA.5 sedikit lebih menular daripada versi omicron sebelumnya," tambah ilmuwan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: