23 Rumah di Kabupaten Bangka Rusak Diterjang Puting Beliung, BMKG: Sumsel Waspada

23 Rumah di Kabupaten Bangka Rusak Diterjang Puting Beliung, BMKG: Sumsel Waspada

Prakiraan cuaca wilayah Sumatera Selatan. -BMKG -

JAKARTA, DISWAY.ID – Sedikitnya 23 unit rumah di Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung rusak diterpa angin puting beliung hingga malam ini. Sementara wilayah Sumatera Selatan, BMKG mengingatkan untuk tetap waspada.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan peristiwa terjadi pascahujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang yang melanda kawasan tersebut. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung mencatat, hingga Kamis 7 April 2022.

Posisi 23 unit rumah rusak berada di Desa Cit Kecamatan Riau Silip, selain itu juga berdampak pada 23 kepala keluarga atau 77 jiwa warga yang tinggal di desa tersebut.

BACA JUGA: Cuaca Panas Terik Beberapa Hari Ini, Begini Penjelasan BMKG 

Pascakejadian, BPBD Provinsi Bangka Belitung, BPBD Kabupaten Bangka dan tim gabungan langsung menuju lokasi untuk melakukan pendataan, memasang terpal dan melakukan pembersihan sisa material rumah warga yang terdampak.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada pagi, dan siang hari di wilayah Kabupaten Bangka, Kota Pangkalpinang dan Bangka Tengah pada Jumat 8 April dan Sabtu 9 April 2022.

Menanggapi potensi tersebut, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan.

BACA JUGA:BMKG: Menghimbau Masyarakat Waspada Gelombang Sangat Tinggi Hingga 6 Meter 

Tingkatkan pula kewaspadaan akan ancaman bencana yang disebabkan oleh cuaca ekstrim seperti angin puting beliung maupun angin kencang dengan berlindung di bangunan yang kokoh. 

”Menghindar dari bangunan dan pohon yang rapuh serta menghindari berlindung di dekat papan reklame,” terangnya. 

Sementara itu tingkat kerawanan juga muncul di wilayah Sumatera Selatan. Potensi hujan ringan di wilayah Ogan Ilir, Muara Enim, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Palembang.

BACA JUGA:Permukaan Laut Indonesia Mulai Menghangat, BMKG: Siap-siap Awal April Kemarau

Menurut data BMKG pada malam hari potensi hujan petir di wilayah OKI, Ogan Ilir, Muara Enim, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Palembang; potensi hujan ringan di wilayah Prabumulih, PALI, Lahat dan Musi Rawas Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bmkg