Makin Ramah Lingkungan, Astra UD Trucks Luncurkan Quester Euro 5 Berbahan Bakar Biosolar

Makin Ramah Lingkungan, Astra UD Trucks Luncurkan Quester Euro 5 Berbahan Bakar Biosolar

Astra UD Trucks hadirkan Quester Euro 5 berbahan bakar Biosolar.-UD Trucks-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Astra UD Trucks telah meluncurkan model terbaru dari Quester yang sudah memenuhi standar Euro 5 pada 24 Maret 2022 lalu.

Setelah meluncurkan itu, kini Astra UD Trucks menghadirkan Quester Euro 5 dengan berbahan bakar biosolar di Indonesia.

Terdapat 2 teknologi untuk memenuhi standar emisi gas buang yang ditetapkan pemerintah yakni  teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) dan Exhaust Gas Recirculation (EGR). 

Penggunaan Teknologi Exhaust Gas Recirculation (EGR) mengharuskan pengusaha truk untuk menggunakan bahan bakar bersulfur maksimal 50 ppm dan atau setara dengan Pertamina Dex. 

“Dengan mempertimbangkan peraturan pemerintah terkait standar emisi gas buang harus setara Euro 4 dan kepentingan pengusaha truk di Indonesia, maka UD Trucks memutuskan menggunakan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) yang dapat beradaptasi dengan berbagai jenis bahan bakar Bio Solar atau B30 atau Solar Subsidi dan tetap menghasilkan  emisi gas buang Euro 5,” ujar Winarto Martono, Chief Executive Astra UD Trucks, Selasa 11 April 2022.

BACA JUGA: Sebelum Dikeroyok Massa, Ini Pernyataan Ade Armando saat Aksi 11 April: Saya Khawatir...

“Hal ini merupakan solusi yang tepat bagi tuntutan pemerintah dan kepentingan pengusaha truk di Indonesia,” tambahnya.

Quester Euro 5 tetap menggunakan mesin yang sama dengan mesin Quester yang diluncurkan tahun 2015 yakni mesin commonrail yang dipadukan dengan teknologi Selective Catalytic Reduction atau (SCR).

Sehingga mampu melindungi mesin tetap awet sepanjang waktu dan aman dengan menyemprotkan cairan urea (AdBlue) ke gas buang. 

BACA JUGA: Revisi Nominal yang Dibutuhkan Paytren, Ustaz Yusuf Mansur: Rp 1 Triliun Contoh Doang!

Teknologi ini beroperasi pada suhu ruang bakar mesin yang optimal (Suhu tinggi), sehingga memberi keuntungan buat para pengusaha dimana konsumsi bahan bakar akan lebih efisien. 

Di sisi lain, dengan tidak adanya pergantian mesin maka seluruh suku cadang relatif sama, sehingga mempermudah pengusaha truk di dalam pengadaan part, edukasi mekanik dan pengemudi.

 

Saat ini Quester terbaru telah lulus pengujian emisi dari lembaga independen penguji dan dinyatakan nilai NOx yang dihasilkan dibawah ambang batas Euro 5, sehingga Quester memenuhi standar Emisi Euro 5 walaupun menggunakan bahan bakar biosolar atau B30 atau bahan bakar bersubsidi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: