30 Jam Diburu, Pelaku Penembakan Kereta Bawah Tanah Tertangkap di Manhattan

30 Jam Diburu, Pelaku Penembakan Kereta Bawah Tanah Tertangkap di Manhattan

Inilah Frank James pria yang diduga sebagai pelaku penembakan,Kamis 14 April 2022. Polisi menangkap dirinya ditangkap lewat petunjuk warga setelah pencarian selama 30 jam.-NYTIMES-

Serangan itu adalah ledakan kekerasan terbaru yang melanda sistem angkutan kota terbesar di AS, dan menimbulkan tantangan baru bagi otoritas setempat untuk segera memperbaiki sistem keamanan.

Pasalnya mengakibatkan penurunan penumpang secara drastis dalam kondsii pandemi virus corona (Covid-19) saat ini. 


Penumpang yang terluka diberikan pertolongan pertama setelah penembakan terjadi di Kereta Bawah Tanah, Sunset Park, Brooklyn pada Selasa 12 April 2022 pukul 10.00 waktu New York City, AS. - NYTIMES-

James ditangkap di lingkungan East Village Manhattan setelah terlihat oleh orang-orang di sekitar yang memposting fotonya ke media sosial lalu memberi tahu polisi.

Pihak berwenang mengatakan kepada wartawan bahwa penyelidikan sedang berlangsung untuk mengetahui motif James. Fokus mereka sebagian pada berbagai pesan media sosial dan video yang diposting oleh tersangka.

Data Pelaku

Departemen Kepolisian New York (NYPD) mengatakan James beralamat di Philadelphia dan Milwaukee, Wisconsin. Identitasnya terlacak setelah petugas berhasil menemukan sebuah kunci van U-Haul di TKP di stasiun 36th Street, tepatnya di lingkungan Sunset Park di Brooklyn.

”Penyelidik menemukan sejumlah posting media sosial yang terkait dengan seseorang bernama Frank James yang menyebutkan dia adalah seorang tunawisma,” kata Sewell aparat kepolisian NYPD. 

Sebuah akun YouTube yang tampaknya milik James telah dihapus setelah penangkapan. ”Karena melanggar Pedoman Komunitas YouTube,” kata platform video tersebut.

Upaya Reuters untuk menghubungi salah satu nomor telepon yang terkait dengan James tidak berhasil.

Dalam sebuah wawancara dengan New York Times, saudara perempuan James, Catherine James Robinson, mengatakan bahwa dia seorang penyendiri. 

”Saya terkejut dengan kejadian itu. Saya tidak berpikir dia akan melakukan hal seperti itu. Itu bukan sifatnya untuk melakukan hal seperti itu,” katanya.

Dari peristiwa ini, Walikota Adams berjanji menekankan keamanan dengan menambah sejumlah petugas di kereta bawah tanah. 

Dia juga berjanji akan memprioritaskan peningkatan patroli polisi dan memperluas program penjangkauan kesehatan mental untuk memerangi kekerasan.


Kehadiran penegak di sekitar stasiun kereta bawah tanah pascakejadian penembakan terjadi, Selasa 12 April 2022 waktu New York. -NYTIMES-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters