Ini 3 Perbedaan Mencolok Money Heist Korea dengan Versi Aslinya, Apa Saja?

Ini 3 Perbedaan Mencolok Money Heist Korea dengan Versi Aslinya, Apa Saja?

Perbedaan Money Heist Korea dengan Versi Aslinya--Unsplash

JAKARTA, DISWAY.ID-Money Heist menjadi serial populer Netflix yang diadaptasi dalam versi Korea oleh sutradara Kim Hong-sun. Aslinya, serial satu ini berasal dari Spanyol yang telah memiliki 5 musim sukses selama penanyangannya. Diadaptasi dalam versi Korea, serial ini resmi dirilis Netflix pada 24 Juni 2022 lalu dalam judul Money Heist: Korea Joint Economic Area. 

Secara garis besar, cerita Money Heist Korea tidak jauh berbeda dengan versi Spanyol, mengikuti kisah sekelompok pencuri kelas kakap yang merencanakan aksi perampokan terbesar sepanjang sejarah negeri. Mereka diketuai oleh seorang yang disebut sebagai The Professor. Di mana, para perampok tersebut diberi julukan dengan nama-nama kota di dunia, seperti Berlin, Tokyo, hingga Moskow.

BACA JUGA:Netflix Tayangkan Serial Money Heist Versi Korea Serentak Hari Ini  

Serial ini juga menyoroti tentang ketidakadilan ekonomi yang dirasakan masyarakat. Lantas, apakah perbedaan dari Money Heist versi Korea dengan Spanyol? 

Berikut ini tiga perbedaan paling menonjol dalam serial adaptasi Money Heist: Korea Joint Economic Area yang bisa kamu simak. 

1. Tak Pakai Topeng Salvador Dali Topeng 

Jumpsuit merah dan topeng Salvador Dali menjadi identitas yang melekat dalam serial Money Heist versi Spanyol. Namun, berbeda hal nya dalam Money Heist: Korea Joint Economic Area, di mana para perampoknya tidak mengenakan topeng Salvador Dali. Meski sekilas tampak sama dengan dominasi warna putih dan hitam, topeng yang digunakan berbeda. Para perampok mengenakan topeng tradisional Korea Selatan bernama Hahoe yang berasal dari daerah Andong.

Hampir sama dengan topeng Salvador Dali yang digunakan dalam original serialnya, topeng Hahoe juga memiliki pesan mendalam yang jarang diketahui orang.

2. Hubungan Korea Selatan dan Korea Utara

Serial ini akan menyajikan sentuhan berbeda, terutama mengenai hubungan Korea Selatan dan Korea Utara. Di kehidupan nyata, kita semua mengetahui dua negara ini masih terpecah. Namun, kamu dapat menemukan hal berbeda dalam serial ini, di mana Korea Selatan dan Korea Utara berada dalam proses penyatuan yang hampir selesai. 

Perampokan yang terjadi di Money Heist Korea dilandasi karena pendirian Percetakan Uang Unifikasi Korea yang menghasilkan mata uang baru setelah kedua negara bersatu. Isu sosial terkait bersatunya dua negara yang terpecah ini tentu tidak kamu temui dalam Money Heist versi Spanyol. 

3. Beberapa Karakter Memiliki Gambaran Berbeda dari Versi Asli

Meski memiliki semua tokoh dengan nama yang sama, beberapa karakter memiliki penggambaran berbeda dari versi aslinya. Seperti tokoh Berlin, yang sebelumnya merupakan adik dari The Professor, dalam Money Heist Korea, dirinya menjadi mantan tahanan kerja paksa yang kabur dari penjara Korea Utara.

Selain itu, tokoh Tokyo dinilai memiliki gambaran karakter yang paling berbeda dengan versi asli. Dalam Money Heist Korea, Tokyo digambarkan sebagai seorang anak muda dari generasi Z yang tampak biasa saja. Berbanding terbalik dengan versi aslinya, yang merupakan sosok urakan dan eksentrik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: