Luar Biasa Dahsyatnya Pahala Puasa Arafah dan Berkurban di Idul Adha

Luar Biasa Dahsyatnya Pahala Puasa Arafah dan Berkurban di Idul Adha

Ilustrasi. Bacaan niat puasa Dzulhijjah--

JAKARTA, DISWAY.ID-- Luar biasa dahsyatnya pahala akan didapatkan umat Islam yang menjalankan amalan pada Zulhijah dan Idul Adha, di antaranya puasa saat Arafah dan menyebelih hewan kurban atau berkurban pada hari raya Idul Adha.

Puasa Arafah disunahkan untuk dijalankan pada 10 awal bulan Zulhijah, tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Di dalam menjalankan ibadah puasa Arafah mengandung pahala luar biasa dahsyatnya.

BACA JUGA:Akhirnya, Temuan Dugaan Penyelewengan Dana Donasi Umat ACT Diserahkan PPATK ke Aparat

Disebutkan hadits riwayat Muslim, puasa Arafah bisa menghapus dosa dua tahun.

"Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu," 

Puasa Arafah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam 10 hari pada awal bulan Dzulhijjah.

Sedangkan 10 awal Dzulhijjah ini yaitu hari-hari yang paling disenangi Allah SWT dalam melaksanakan amalan kebaikan dibanding dengan waktu lainnya.

"Nabi pernah menyebutkan tidak ada hari-hari untuk berbuat kebaikan yang Allah senangi melebihi dari 10 awal Zulhijah," kata Buya Yahya, seperti tayang di Youtube melalui kanal Al-Bahjah TV.

BACA JUGA:Wow! Kapal Portlink Bakauheni-Merak Ternyata Satu Pabrikan dengan Titanic

Saking luar biasa dahsyatnya, lanjut Buya Yahya, bahkan jihad tidak bisa mengalahkan amalan di 10 awal bulan Zulhijah, kecuali orang yang punya kekayaan dicurahkan untuk jihad dan dia juga ikut berperang habis hartanya, kemudian meninggal di medan laga baru bisa menyamai kebaikan-kebaikan di 10 awal bulan Zulhijah.

"Sedangkan di 10 awal Zulhijah, ada haji dan kurban, lalu ada puasa, shalat juga ada, itulah kelebihan 10 awal bulan Zulhijah, ibadah yang bertebaran sepanjang tahun disimpulkan atau terkumpul di bulan Zulhijah," ungkap Buya Yahya.

"Ada sejumlah amalan yang hanya ada di 10 Zulhijah, yakni ibadah haji dan menyembelih kurban bagi yang mampu," kata pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon ini.

Amalan lainnya yang bisa dilakukan di awal bulan Zulhijah adalah memperbanyak dzikir, mengucap tasbih, tahmid, dan takbir dalam keseharian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: