Luapan Sungai Lembe Rendam 400 Rumah Warga Tolitoli

Luapan Sungai Lembe Rendam 400 Rumah Warga Tolitoli

Hujan dengan intensitas tinggi serta luapan Sungai Lembe masuk hingga ke pemukiman warga di Kecamatan Baolan, Tolitoli, Sulawesi Tengah.-BPBD Sulteng-

JAKARTA, DISWAY.ID – Sebanyak 400 unit rumah warga terendam banjir di Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WITA setelah hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan debit air Sungai Lembe naik hingga meluap masuk menngenangi pemukiman warga. 

”Informasi awal yang diterima menyebutkan banjir melanda Desa Lelean Nono, Desa Panasakan dan Kelurahan Baru yang terletak di Kecamatan Baolan. Tidak ada korban jiwa atas kejadian ini,” terang Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

BACA JUGA:Sungai Meluap, 289 Rumah Warga Cirebon Terendam Banjir 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tolitoli menginformasikan pihaknya terus melakukan pendataan dampak peristiwa tersebut. 

Pemutakhiran data yang dihimpun Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB per hari ini pukul 19.00 WIB menyebutkan banjir sudah surut. 

”Meski demikian, BPBD Provinsi Sulawesi Tengah juga melakukan koordinasi di tingkat kabupaten serta pihak terkait guna mengantisipasi adanya potensi banjir susulan,” terangnya.

BACA JUGA:Bangunan Alfamart yang Ambruk di Banjar Kalsel Berusia 20 Tahun, Kerap Direndam Banjir Pula

Melihat peringatan dini cuaca BMKG hari ini wilayah Sulawesi Tengah berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. 

Kondisi ini disertai petir dan angin kencang pada siang sampai dini hari di wilayah Kab/Kota Palu, Donggala, Sigi, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

“Merujuk informasi tersebut, BNPB menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan,” jelas Muhadi.

BACA JUGA:Puluhan Rumah di Lebak Terendam Banjir

Salah satunya dengan mempersiapkan mitigasi awal dengan menjaga dan membersihkan saluran air secara rutin mulai dari lingkup terdekat yakni disekitar tempat tinggal. 

Waspadai hujan dengan intensitas tinggi dan durasi sedang hingga panjang yang berpotensi membawa banjir susulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: