Waktu yang Tepat Baca Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, Jangan Sampai Kelewatan!

Waktu yang Tepat Baca Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, Jangan Sampai Kelewatan!

Waktu, tata cara, dan bacaan doa tahun baru islam 1444 H-Pixabay/ syaifulptak57-Pixabay/ syaifulptak57

JAKARTA, DISWAY.ID - Sebentar lagi, umat muslim akan merayakan tahun baru 1 Muharram 1444 Hijriah. 

Berdasarkan keputusan SKB 3 Menteri terkait Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022, tanggal 1 Muharram 1444 H jatuh pada Sabtu, 30 Juli 2022.

Bulan Muharram merupakan penanda di bulan pertama dalam kalender Hijriah, sekaligus salah satu bulan yang paling dimuliakan, sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT dalam QS. At- Taubah ayat 36, sebagai berikut.

Inna 'iddatasy-syuhụri 'indallāhiṡnā 'asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba'atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātilụnakum kāffah, wa'lamū annallāha ma'al-muttaqīn

BACA JUGA:Irjen Napoleon Tegaskan Polri Harus Terbuka Soal Kasus Brigadir J: Buktikan Sekarang daripada Kita Dicibir!

BACA JUGA:Anggota Brimob Tembak Prajurit TNI di Yahukimo Papua, Korban Dilarikan ke Rumah Sakit, Apa Pemicu Masalahnya?

Artinya:

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa." (QS. At Taubah: 36).

Untuk menyambut datangnya tahun baru Islam, ada doa khusus akhir dan awal tahun yang sangat dianjurkan untuk dibaca para kaum muslimin.

Membaca doa akhir dan awal tahun untuk menyambut datangnya datangnya Tahun Baru Islam 2022 1 Muharram 1444 Hijriyah ini untuk meminta ampunan atas dosa-dosa yang lalu selama satu tahun yang telah lewat serta meminta dibukakan rahmat dan hidayah untuk tahun yang akan datang.

Adapun kamu harus berikut tata cara dan bacaannya yang wajib kamu tahu.

BACA JUGA:Polisi Musnakan Ratusan Narkotika Yang Didapati Sejak Mei Hingga Juli 2022

BACA JUGA:Mantan Kadensus 88 Sebut Bharada E Punya Kekuatan Sakti, Melebihi Jenderal!

Waktu yang Tepat Membaca Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam

Sumber: