PVMBG: Status Gunung Raung Naik Level Jadi Waspada, Pendaki Diminta Tak Berkemah di Puncak

PVMBG: Status Gunung Raung Naik Level Jadi Waspada, Pendaki Diminta Tak Berkemah di Puncak

Gunung Raung Banyuwangi meletus-Foto : ist-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikan status Gunung Raung di Jawa Timur naik level menjadi waspada atau Level II pada Jumat 29 Juli 2022 pukul 08.00 WIB.

"Berdasarkan hasil pemantauan dan analisis kegempaan, serta belum stabilnya kondisi kawah Gunung Api Raung maka terhitung 29 Juli 2022, pukul 08.00 WIB, tingkat aktivitas Gunung Raung dinaikkan dari Level I (normal) menjadi Level II (waspada)," tulis PVMBG melalui akun Twitter resminya, dikutip Jumat, 29 Juli 2022.

Peningkatan status ini terjadi usai sebelumnya Gunung Raung erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai 1500 meter di atas puncak. 

BACA JUGA:Detik-detik Sebelum Brigadir J Ditembus Timah Panas Bharada E, Masih Sempat Bercanda dengan Rekannya

Erupsi itu terjadi pada Rabu 27 Juli 2022 sebanyak empat kali dalam rentang pukul 17.19 hingga 17.28 WIB.

"Pada hari Rabu, 27 Juli 2022 pukul 17.19-17.28 WIB telah terjadi erupsi sebanyak 4 kali dengan tinggi kolom abu 1500 m di atas puncak," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, Sriyono, Kamis 28 Juli 2022.

Atas kejadian ini, PVMBG mengimbau agar masyarakat menghindari kawasan kawah Gunung Raung. 

BACA JUGA:Komentar Keras Soal Kasus Brigadir J, Napoleon Bonaparte: Gak Usah Sembunyi, Ngaku Kau!

Masyarakat juga diminta tidak berkemah di sekitar puncak, bibir kaldera, atau kawah gunung untuk menghindari bahaya gas vulkanik.

"Agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak turun ke dasar kawah atau mendekati kawah yang ada di puncak serta tidak berkemah di sekitar puncak/bibir kaldera/kawah Gunung Raung untuk menghindari potensi bahaya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan jiwa manusia," tulis PVMBG.

 

 

Sumber: