Tinjau Rumah Dinas Ferdy Sambo, Ini yang Dilakukan Komnas HAM, Ada Temuan Baru?

Tinjau Rumah Dinas Ferdy Sambo, Ini yang Dilakukan Komnas HAM, Ada Temuan Baru?

Komnas HAM mendatangi rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Senin 15 Agustus 2022. Komnas HAM melakukan peninjauan TKP sesuai dengan keterangan pada saksi-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) baru saja mendatangi rumah dinas mantan Kadiv Propam, Irjen Ferdy Sambo yang berada di kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin, 15 Agustus 2022.

Saat mendatangi rumah dinas Ferdy Sambo, Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan terkait data-data yang sudah diperolehnya, yakni data balistik, otopsi jenazah, maupun juga rekonstruksi bangunan. 

"Kami akan cek satu per satu berdasarkan keterangan dari ajudan, keterangan dari pak Sambo maupun juga bukti-bukti yang lain," ujar Beka Ulung saat ditemui langsung oleh media, Senin, 15 Agustus 2022.

BACA JUGA:Kamaruddin Desak PPATK Cek Dugaan Rekening 'Gendut' Ajudan Ferdy Sambo: Berapa Ember Uang di Rekening itu?

Adapun lokasi yang diperiksa, Beka mengatakan bahwa pihaknya juga memeriksa seluruh lokasi yang terkait dengan peristiwa kejadian. 

"Kita nggak tahu nih bagiannya seperti apa, tapi yang jelas berdasarkan foto-foto berdasarkan keterangan, berdasarkan info-info yang lain kami akan cek satu per satu, termasuk jumlah tembakan termasuk apalagi, semuanya," jelasnya.

Diketahui, Komnas HAM mendatangi rumah dinas Irjen Ferdy Sambo untuk melakukan tinjau TKP. 

Tinjauan TKP tersebut tampak diikuti oleh Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto, Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Jozua Mamoto, Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung, Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, Kadiv Humas Polri irjen Dedi Prasetyo, Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.

BACA JUGA:Ini Alasan Tegas LPSK Tolak Permohonan Perlindungan Putri Candrawathi, Ada Kejanggalan...

Peninjauan TKP tersebut merupakan bagian dari pemantauan dan penyelidikan peristiwa meninggalnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Tim Komnas HAM telah melakukan sejumlah proses. Salah satunya yang melengkapi proses tersebut, maka akan melakukan peninjauan Tempat Kejadian Perkara (TKP).

BACA JUGA:Deddy Corbuzier Tanggapi Persoalan Ibu-ibu yang Ancam Pegawai Alfamart di Cisauk: Sok, UU ITE-kan Saya!

Sejauh ini, Komnas HAM telah memeriksa eks Kepala Divisi (Kadiv) Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Ferdy Sambo di Markas Komando (Mako) Brimob, Kelapa Dua, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat, 12 Agustus 2022.

Sumber: