Polisi Kerahkan 3200 Personel Amankan Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka

Polisi Kerahkan 3200 Personel Amankan Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka

Ribuan personil polisi akan dikerahkan mengamankan upacara HUT RI di Istana Merdeka-M Ichsan/Disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID- Pihak Kepolisian akan menyiapkan pengamanan maksimal dalam menyambut Upacara Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia yang akan diselenggarakan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu 17 Agustus 2022. 

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin yang mengatakan sebanyak 3.200 personel akan dikerahkan untuk mengamankan jalan Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka.

"Kalau untuk pelaksaan besok, sementara sekitar 3.200 personel," ujar Kombes Kamarudin saat dihubungi wartawan, Selasa 16 Agustus 2022.

Kombes Komarudin juga menjelaskan, pola pengamanan akan sedikit diperketat. Mengingat aktifitas masyarakat telah kembali normal. Terlebih, ada upacara di Istana yang tentunya mengundang masyarakat.

BACA JUGA:Dinyatakan Lulus, 10 Peserta Seleksi Calon Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Jalani Tahapan Berikutnya

"Kegiatan pengamanan sedikit lebih ketat artinya bahwa pengamanan ring 1, ring 2, ring 3 termasuk juga," ungkapnya.

Menurut Kombes Komarudin, sejumlah ruas jalan di sekitaran Istana Negara juga akan dialihkan mulai nanti malam hingga penurunan bendera merah putih.

"Pengalihan beberapa ruas jalan akan dilakukan mulai dari nanti malam hingga penurunan bendera," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menjelaskan, ruas jalan yang ditutup adalah kawasan di Patung Kuda, Harmoni, dan Gambir. Dia menyampaikan, sterilisasi kawasan Istana dimulai pada pukul 21.00 WIB.

BACA JUGA:KPU RI Kembalikan Dokumen Pendaftaran 16 Parpol, Siapa saja?

"Sekitar jam 21.00 WIB nanti malam sudah kita lakukan sterilisasi. Sehingga lingkungan istana betul-betul steril dari lalu lintas," kata Kombes Latif Usman.

Latif menyiapkan 500 personel lalu lintas untuk membantu mengatur aktivitas masyarakat selama upacara HUT ke-77 RI yang berlangsung di Istana Merdeka.

"Di sana akan kita lakukan rekayasa lalu lintas. Besok hari libur mudah-mudahan arus tidak terlalu padat ini yang menguntungkan kita. Masyarakat juga akan merakayakan Hari Kemerdekaan di tempat masing-masing," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: