Mengejutkan! Lionel Messi Tak Masuk Nominasi Peraih Ballon d’Or 2022, Apa Alasannya?

Mengejutkan! Lionel Messi Tak Masuk Nominasi Peraih Ballon d’Or 2022, Apa Alasannya?

Messi tak masuk dalam nominasi Peraih Ballon d'Or 2022-ilustrasi-@leomessi

JAKARTA, DISWAY.ID - Penyelenggara Ballon d'Or akhirnya buka suara terkait alasan dibalik tidak adanya nama Lionel Messi dalam daftar 30 pemain nominasi peraih penghargaan Ballon d’Or 2022.

Ya, ini menjadi kali pertama sejak 2005, Lionel Messi tidak masuk dalam daftar nominasi peraih trofi individu paling bergengsi di dunia, Ballon d’Or. 

Pasalnya, Messi diketahui merupakan pemain yang memegang rekor peraih trofi Ballon d’Or terbanyak dalam sejarah, yakni 7 trofi.

Akan tetapi, dominasi yang dua tahun terakhir (2020 tidak ada penghargaan Ballon d’Or) dipastikan berakhir pada tahun ini. 

BACA JUGA:FIFA Rilis Lambang Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, Apa Maknanya?

Lantas, apa yang menyebabkan Messi terlempar dari nominasi? 

"Mulai tahun ini, pemilihan nominasi atau pemenang Ballon d’Or dipilih berdasarkan kriteria baru, yaitu performa sang pemain di musim sebelumnya, bukan tahun kalender seperti sebelum-sebelumnya," kata Wakil Pemimpin Redaksi France Football, Emmanuel Bojan.

Menurut Bojan, dengan kriteria baru ini, Messi tidak masuk dalam daftar 30 besar nominasi peraih Ballon d’Or 2022. 

Itu karena performa kurang meyakinkan sang pemain bersama klub barunya PSG di musim 2021/2022. 

Messi diketahui hanya mengemas 11 gol dan 15 assist dalam 34 laga di semua ajang musim lalu. 

Messi diakui turut membantu PSG juara Liga Prancis musim lalu. Namun, jika melihat catatan statistik pemain Argentina di musim-musim sebelumnya, penampilan Messi di musim pertamanya bersama PSG jelas di bawah standar.

"Harus diakui bahwa musim pertama Messi di PSG sangat mengecewakan baik dari segi tayangan visual maupun statistik," ujar Bojan seperti dilansir dari Eurosport.

Messi bukan satu-satunya langganan nominasi yang namanya tidak masuk nominasi peraih Ballon d’Or 2022. Rekan setimnya di PSG, Neymar da Silva Jr juga tidak masuk dalam daftar.

Sementara itu, “rival utama” Messi dalam urusan peraih trofi Ballon d’Or terbanyak, yakni Cristiano Ronaldo (5 trofi Ballon d’Or) masuk dalam 30 nominasi peraih Ballon d’Or 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: