Harga BBM Bakal Naik, Bagaimana Tarif Transportasi? Simak Penjelasan Menhub

Harga BBM Bakal Naik, Bagaimana Tarif Transportasi? Simak Penjelasan Menhub

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bicara soal rencana kenaikan harga BBM-Istimewa-Setkab

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan, tarif angkutan darat tidak mengalami kenaikan akibat dampak dari naiknya Bahan Bakar Minyak (BBM).

usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, dilansir Media Indonesia, Senin, 29 Agustus 2022.

"Untuk darat sudah dinyatakan bahwa kendaraan umum itu tidak dikenakan jadi insyaallah yang di darat relatif tidak terdampak," kata Budi usai mengikuti ratas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, dikutip Selasa 30 Agustus 2022.

Sedangkan untuk sektor angkutan udara, Budi juga mmastikan bahwa tidak akan mengalami kenaikan harga. 

BACA JUGA:Profil 5 Jenderal yang Kompak 'Habisi' Ferdy Sambo dari Polri, Ada Calon Kadiv Propam Baru

Pihaknya  mengaku sudah mengumpulkan seluruh pemangku kepentingan terkait dan meminta mereka melakukan efisiensi, optimalisasi okupansi, inovasi, dan kampanye promosi.

"Ini bagian dari balancing dari kenaikan BBM. Satu sisi BBM naik, insya Allah avtur akan tetap, dan tarif murah itu bisa dilakukan," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkan pemerintah pusat sudah menginstruksikan pemerintah daerah untuk mengalokasikan sebanyak dua persen dari dana transfer daerah yang meliputi DAU dan DBH untuk bantalan sosial kepada penduduk masing-masing.

BACA JUGA:Reuni Duren Tiga

Bantalan sosial yang diperkirakan mencapai Rp2,17 triliun itu nantinya akan ditujukan untuk membantu penyelenggaraan sektor transportasi seperti angkutan umum, termasuk roda dua atau ojek.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa kemungkinan besar Presiden Jokowi akan mengumumkan harga BBM subsidi naik dalam waktu dekat.

Luhut menambahkan bahwa kenaikan harga BBM subsidi pertalite dan solar akan mulai naik minggu depan. 

Ia meminta agar masyarakat bersiap-siap jika pemerintah meresmikan kenaikan harga itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: