Sulit Dipercaya, Ternyata Makanan Manis Ini Bisa Bantu Turunkan Kadar Gula Darah Dalam Hitungan 'Menit'

Sulit Dipercaya, Ternyata Makanan Manis Ini Bisa Bantu Turunkan Kadar Gula Darah Dalam Hitungan 'Menit'

Makanan Manis yang Mampu Turunkan Kadar Gula Darah-Tumisu-Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Diabetes tipe 2 terbukti berbahaya jika kadar gula darah dibiarkan saja tanpa ditangani sedikitpun.

Untungnya, menurut penelitian ada makanan manis yang telah terbukti menurunkan gula darah tingkat tinggi dalam hitungan "menit".

Diabetes tipe 2 adalah hasil dari produksi insulin yang buruk. Peran utama hormon ini adalah menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali.

BACA JUGA:Hari Ini Abdullah Azwar Anas Resmi Dilantik Jokowi Sebagai MenPAN-RB

BACA JUGA:Siap-siap, Pemerintah Hari Ini Umumkan Kenaikan Tarif Ojol

Dilucuti dari mekanisme kunci ini, penderita diabetes tipe 2 harus mengubah pola makan mereka untuk menghindari komplikasi yang dipicu oleh glukosa tinggi. Penelitian menunjukkan makanan yang mengejutkan dapat membantu mengontrol kadar gula darah, yakni cokelat.

Dilansir dari laman Daily Express, menurut penelitian di jurnal Nutrition and Metabolic Insights, jenis zat gelap tertentu bisa ampuh untuk menjinakkan kadar gula darah tinggi.

Penelitian tersebut menjelaskan bahwa gula darah tinggi postprandial dikaitkan dengan komplikasi pada pasien diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri bagaimana cokelat hitam bebas gula akan berdampak pada kadar glukosa darah postprandial.

BACA JUGA:Bareskrim Polri Periksa Ferdy Sambo Terkait Keterlibatan 3 Kapolda di Mako Brimob Hari Ini

BACA JUGA:Fakta Baru Kasus Penganiayaan Santri Gontor, Korban Bertambah 3 Orang 1 Meninggal Dunia

Dibandingkan dengan dark chocolate biasa, jenis yang digunakan dalam penelitian ini dipermanis dengan stevia, erythritol, dan inulin.

Dengan merekrut 13 peserta, para peneliti menginstruksikan subjek untuk mengonsumsi 34 gram cokelat hitam bebas gula atau 34 gram cokelat hitam konvensional.

Kemudian, tim peneliti mengukur kadar glukosa darah mereka 120 menit setelah konsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: