Kabar Baik! Harga Pertalite Berpotensi Turun Lagi, Menteri ESDM: Sedang Dihitung

Kabar Baik! Harga Pertalite Berpotensi Turun Lagi, Menteri ESDM: Sedang Dihitung

Pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM jenis pertalite dari Rp 7.650/liter menjadi Rp 10.000/liter dan solar naik dari Rp 5.150/liter menjadi Rp 7.200/liter sedangkan pertamax dari harga Rp 12.500/liter menjadi Rp 16.000/liter dimulai 1 September 2022 -Julian Romadhon-Harian Disway

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan, bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) pertalite berpeluang kembali turun, setelah sebelumnya dinaikkan.

Alasannya, setelah harga minyak dunia secara perlahan turun ke bawah level USD90 per barel. 

Pada Jumat 9 September 2022 ini saja misalnya, harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman November tercatat sebesar USD89,15 per barel di London ICE Futures Exchange.

"Nanti kita lihat, kalau harga minyak membaik ya Insya Allah (turun harga pertalite)," ujar Arifin di Jakarta, Jumat 9 September 2022.

BACA JUGA:Irjen Dedi Prasetyo Bongkar Pengakuan Susi Soal 'Kuburan' Polisi di Rumah Ferdy Sambo

Menurut Arifin, perhitungan akan dilakukan internal pemerintah untuk melihat seberapa besar kemungkinan harga minyak turun dan pengaruhnya ke harga BBM di dalam negeri.

Meski berpotensi turun, ia tetap  menghimbau masyarakat mengurangi penggunaan BBM. Salah satunya dengan beralih menggunakan kendaraan umum ataupun listrik.

"Makanya sekarang tolong diminta semua masyarakat, coba bisa nggak, kita coba dengan kesadaran menghemat, hemat energi," jelasnya.

BACA JUGA:Rintihan Putri Candrwathi di Magelang Diungkap Susi, Brigadir J Mengendap-endap dari...

Berikut daftar mobil di bawah 1.400 cc yang boleh diisi Pertalite sebagaimana dilansir Disway.id dari Sumeks.co:

Toyota

Agya 1.197 cc

Calya 1.197 cc

Raize 998 cc dan 1.198 cc

Sumber: