Lulusan Manajemen Bisnis Bisa Kerja di Mana Saja? Cek di Sini

Lulusan Manajemen Bisnis Bisa Kerja di Mana Saja? Cek di Sini

-Freepik-

Secara garis besar, beberapa hal di atas adalah perkara yang umum. Hal inilah yang membuat lulusan manajemen bisnis bisa mengisi pos-pos di beragam industri yang berbeda.

Ragam Prospek Lulusan Manajemen Bisnis yang Menjanjikan

Sebagaimana disinggung sebelumnya, seorang lulusan manajemen bisnis bisa berkarir di beragam bidang yang berbeda. Nah, sebagai gambaran, adapun beberapa prospek lulusan manajemen bisnis adalah:

1. Business development

Salah satu prospek yang cukup menjanjikan dari lulusan jurusan manajemen bisnis adalah business development. Saat ini, business development menjadi salah satu posisi yang paling banyak dicari oleh perusahaan.

Dalam pengertian singkat, business development sendiri adalah posisi di mana seseorang akan bertanggung jawab untuk menciptakan strategi baru guna pelanggan, pasar dan juga relasi bisa membuka jalan perusahaan untuk berkembang.

Adapun beberapa peran penting dari seorang business development diantaranya adalah melakukan riset pasar, memahami produk dari perusahaan serta kompetitor, menyusun rencana pengembangan bisnis perusahaan dan lainnya.

2. Risk manager

Anda yang merupakan lulusan manajemen bisnis juga bisa meniti karier dengan menjadi seorang risk manager. Posisi ini bisa dikatakan cukup penting dan sangat diperlukan terutama oleh perusahaan besar.

Sebagaimana diketahui, setiap manajemen perusahaan akan berusaha menghindari risiko yang mungkin muncul ketika melakukan eksekusi pada rencana perusahaan. Oleh karenanya, mereka –perusahaan, memerlukan seseorang yang memiliki keahlian di bidang manajemen risiko.

Nah, Anda yang menjadi seorang risk manager nantinya akan membantu perusahaan untuk menyiapkan rencana dan juga tindakan guna mengurangi faktor risiko. Seiring tugas yang cukup besar, salary seorang risk manager pun bisa dikatakan sangat menarik.

3. Project manager

Prospek lain yang cukup menjanjikan dari seorang lulusan manajemen bisnis adalah menjadi project manager. Dalam hal ini, seorang manajer proyek memiliki tanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, pengendalian serta penyelesaian proyek tertentu. 

Bisa dikatakan bahwa kesuksesan sebuah proyek akan bergantung pada bagaimana seorang manajer proyek tersebut bekerja. Oleh karenanya, tanggung jawab seorang proyek manajer cenderung besar sebanding dengan gaji yang hendak mereka dapatkan. 

Di Indonesia sendiri, peluang lulusan manajemen bisnis untuk menjadi seorang project manager cenderung terbuka bahkan meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini dikarenakan iklim bisnis yang terus bertumbuh serta dibarengi dengan persaingan bisnis yang juga semakin ketat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: