Punya Peran Penting, Ini 5 Langkah Tips Merawat Kelistrikan Sepeda Motor

Punya Peran Penting, Ini 5 Langkah Tips Merawat Kelistrikan Sepeda Motor

Service kelistrikan.-Yamaha-

SEBAGAI salah satu pusat kinerja dari sepeda motor, sistem kelistrikan tentunya mempunya peran yang sangat penting dan harus mendapat perhatian khusus bagi pengguannya.

Seperti diketahui, sistem kelistrikan sepeda motor mempunyai peran penting dalam penyaluran arus listrik ke setiap komponen yang memerlukan daya listrik.

Hal ini mulai dari sistem stater, sistem injeksi, sistem pengapian, sistem pengisian, sistem penerangan dan sinyal, serta komponen pendukung kelistrikan lainnya.

BACA JUGA:Puluhan Rumah Semi Permanen di Menteng Habis Terbakar, Warga Rugi Rp 2,5 M

Jadi karena menjadi poin utama, jika terjadi suatu masalah pada sistem kelistrikannya, maka akan membuat performa motor terganggu.

Berikut Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) memberikan langkah-langkah perawatan yang tepat pada sistem kelistrikan motor :

1. Memastikan generator (spull) dalam kondisi normal

Fungsi dari spull adalah sebagai penghasil energi listrik dengan cara mengubah energi mekanik menjadi energi listrik, lalu menyalurkannya ke komponen lain.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat spull adalah dengan menjaga atau mencegah spull tidak hangus dikarenakan suhu mesin yang terlalu tinggi.

BACA JUGA:Daftar 28 Gerbang Tol Dalam Kota yang Terapkan Aturan Ganjil Genap

Oleh sebab itu, pastikan sistem pendinginan pada sepeda motor bekerja dengan baik, periksa juga kapasitas dan kondisi oli agar dapat melumasi komponen mesin dengan baik sehingga suhu tetap stabil.

2.Cek kondisi kiprok (Rectifier dan Regulator)

Kiprok adalah komponen yang berfungsi mengubah arus AC (bolak balik) yang dihasilkan oleh spull dan kemudian mengubahnya ke arus DC (searah) kemudian menstabilkan arus listrik.

Jika terjadi kerusakan pada kiprok, maka aki motor pun akan ikut bermasalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: