Sukses Tekan Covid-19, Indonesia Presentasi Vaksin Merdeka di Rapat OECD Paris

Sukses Tekan Covid-19, Indonesia Presentasi Vaksin Merdeka di Rapat OECD Paris

Di antara presentasi Indonesia adanya Posko Vaksinasi Merdeka Polda Metro Jaya -Ist-

PRANCIS, DISWAY.ID-- Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) yang merupakan Organisasi Internasional Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan mempresentasikan keberhasilan strategi Indonesia dalam penanganan Covid – 19 berbasis pendekatan komunikasi digital dan sosial. 

Konferensi tahun 2022 ini bertajuk 5th meeting of the OECD Expert Group on Public Communication, dihadiri lebih dari 40 delegasi dari sedikitnya 16 negara maju di dunia di di Kantor Pusat OECD, Paris, Prancis, Rabu 28 September 2022.

Indonesia dan Singapura diundang mewakili Asia Tenggara. Delegasi Indonesia dihadiri oleh Akhmad Firmannamal, Ardilla Amry, Devie Rahmawati, Rizky Ameliah, Zaky Ramadhan.

BACA JUGA:IEMS 2022: Ini Keunggulan Charging Station Buatan BRIN

“Pertemuan ini berlangsung untuk mendengarkan berbagai studi kasus dan capaian berbagai negara di dunia, yang menggunakan pendekatan komunikasi untuk memperkuat tingkat kepercayaan publik terhadap kebijakan pemerintah," ujar Carlos Santiso, Head of Open and Innovative Government Division, OECD dalam keterangannya.

"Tidak hanya itu, pertemuan ini juga membagikan insight dari penggunaan Big Data dan Behavioral Study dalam praktik komunikasi publik selama pandemi,” tambahnya.

Sementara itu, Ardilla Amry, tim Posko Vaksinasi Merdeka Polda Metro Jaya mengungkapkan Indonesia berhasil mengendalikan Covid-19 melalui program vaksin.

“Indonesia dengan jumlah penduduk 277 juta jiwa, warga yang terinfeksi Covid hingga Agustus 2022 sebesar 6 juta kasus dengan total kematian 150 ribu kasus. Kondisi ini kontras dengan Amerika Serikat misalnya, yang memiliki penduduk sebanyak 322 Juta, yang terinfeksi Covid mencapai 95 juta orang dengan angka kematian lebih dari 1 juta,” jelas Ardilla.

BACA JUGA:Bawaslu Terima 1.290 Laporan Partai Politik Catut Nama

Meski Indonesia bukanlah negara produsen vaksin, salah satu keberhasilan capaian Indonesia mengendalikan infeksi covid ialah melalui program vaksinasi. 

Dengan jumlah populasi, luas wilayah serta serbuan hoaks, program vaksiansi awalnya tidak sepenuhnya disambut positif oleh masyarakat luas.

"Hingga Indonesia pernah mengalami guncangan sosial di saat serbuan varian Delta,” tambah Devie Rahmawati sebagai salah satu penyaji.

Akhmad Firmannamal, yang juga merupakan delegasi Indonesia di Kewnferensi OECD 2022 juga menambahkan, capaian ini, tidak terlepas dari berbagai kebijakan diantaranya program literasi Makin Cakap Digital, yang terselenggara sebanyak 17.414 kegiatan sepanjang 202.

BACA JUGA:Anies Baswedan Dilaporkan Dugaan Pelanggaran Pemilu, Hasilnya Diumumkan Jumat

Sumber: