Belajar dari Tragedi Kanjuruhan, Mahfudin Nigara: Salut Buat Bonek

Belajar dari Tragedi Kanjuruhan, Mahfudin Nigara: Salut Buat Bonek

Ilustrasi: Bonek -Persebaya.id -Disway.id

JAKARTA, DISWAY. ID - Staf Khusus Bidang Pengembangan dan Prestasi Olahraga Kemenpora Mahfudin Nigara memberikan acungan jempol untuk Bonek-julukan fans Persebaya Surabaya yang memilih tidak datang ke Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Bonek lebih memilih menonton laga tim kesayangannya Persebaya Surabaya dengan menggelar nonton bareng (Nobar). Ini cara yang patut diacungi jempol, mementingkan keselamatan dibandingkan timbulnya korban jiwa dan luka.

"Salut ya buat bonek. Mereka lebih memilih nobar, dibandingkan datang ke Malang saat tim kesayangannya berlaga menghadapi tuan rumah Arema FC," tuturnya, Minggu 10 Oktober 2022.


Para korban yang berjatuhan akibat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Sabtu 1 Oktober 2022 malam. -Instagram/@hasanjr11- 

BACA JUGA:Tragedi Kanjuruhan Melebihi Peristiwa Heysel, Ratusan Suporter Meninggal

Sementara itu Menko PMK Muhajir Efendi datang ke Rumah Sakit Kanjuruhan untuk melihat dari dekat penanganan korban tragedi di Stadion Kanjuruhan.

Untuk diketahui rumah sakit ini merupakan tipe B, ada keterbatasan dalam penanganan.

"Sekarang kita fokus dulu ke korban, tanggapi insiden, nanti kita rekonstruksi kejadiannya, nanti polisi yang melakukan investigasi sembari menunggu petunjuk presiden," tuturnya seraya menyampaikan duka cita mendalam. 

Terpisah, Menpora Zainuddin Amali mengutuk keras terhadap tragedi ini.

BACA JUGA:Tragedi Kanjuruhan, Arema FC Dilarang Main di Kandang

"Saya sangat prihatin atas kejadian ini. Apalagi lantaran tidak terima timnya kalah, Ini olah raga itu ada yang menang dan kalah ya harus belajar menerima kekalahan," tandasnya. 

"Saya prihatin dan menyesalkan, apalagi korbannya banya. Ini pelajaran bagi kita untuk tidak terulang lagi di mana saja. Saya minta PSSI dan LIB untuk segera melakukan investigasi," paparnya. 

Rilis resmi dari Polda Jawa Timur hingga pukul 07.12 WIB, korban meninggal dunia tragedi Stadion Kanjuruan, Malang, Jawa Timur mencapai 127 orang.

Namun beredar kabar korban meninggal menembus 153 orang. Rincian jumlah ini beredar di group telegram PSSI, Minggu pagi 2 Oktober 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: