BSU Rp 600 Ribu Cair, Cek Rekening Sekarang, Begini Caranya

BSU Rp 600 Ribu Cair, Cek Rekening Sekarang, Begini Caranya

Kemenaker pastikan BSU Tahap 5 cair pekan depan-ilustrasi-disway.id

"Waktu pak Presiden canangkan estimasinya 16 juta pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, dengan penerima upah Rp 3,5 juta per bulan," bebernya.

"Kemungkinan yang 16 juta ini akan tersaring beberapa. Kategori bukan PNS dan lain-lain dan penerima (BLT) BBM, jadinya sekitar 14 juta lebih (penerima), tidak sampai 16 juta," imbuhnya.

BACA JUGA:Bima Sakti: Kemenangan Timnas Indonesia untuk Korban Kanjuruhan

Pencairan BSU Sering Terlambat

Tak sedikit kaum pekerja yang mengeluhkan belum mendapatkan BSU senilai Rp 600.000 tersebut. Sehingga, pencarian terkait penyebab tak kunjung memperoleh uang bantuan tersebut.

Mengutip dari akun instagram @kemnaker, Selasa 4 Oktober 2022 terdapat tiga faktor yang menyebabkan BSU belum tersalur. Pertama, Data Rekan Tenaga Kerja (Rekanaker) belum masuk.

"Data Rekanaker belum masuk dalam proses penyaluran BSU tahap yang sedang berjalan karena penyaluran nya dilakukan secara bertahap," jelas Kemnaker.

Kedua, Rekanaker tidak memenuhi persyaratan sebagai penerima BSU. Ini karena telah menerima Program Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan, dan Bantuan Produktif untuk Usaha Mikro tahun berjalan, serta persyaratan lainnya sesuai Permenaker No 10 Tahun 2022.

"Ketiga, permasalahan terkait data rekening calon penerima manfaat. Misalnya duplikasi, tutup, tidak valid, tidak sesuai dengan NIK, dan tidak terdaftar," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: