Hujan Deras, Sejumlah Titik Ibu Kota Banjir

Hujan Deras, Sejumlah Titik Ibu Kota Banjir

Jalan Bank Pela Mampang Jakarta Selatan banjir.-Bambang Dwi Atmodjo-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Hujan yang sangat tinggi mengguyur DKI Jakarta menyebabkan banjir di berbagai titik ibu kota.

Hujan yang mengguyur Jakarta dari pukul 15.00 WIB sampai Pukul 19.00 WIB kemarin menyebakan sejumlah titik banjir dan menimbulkan kemacetan lalu lintas, Kamis 6 Oktober 2022.

Banjir menggenangi sejumlah jalan Ibu kota, salah satunya di jalan Tegal Parang Utara, Tegal Parang Selatan dan jalan Bank, Pela Mampang Jakarta Selatan.

BACA JUGA:Anies Baswedan Melayat ke Rumah Korban Tembok Roboh MTsN 19 Pondok Labu

Banjir antara setinggi 50-60 Cm yang menggenangi jalan Bank, Pela Mampang Jakarta Selatan. Akibat banjir di jalan Kapten Tendean arah Blok M kemacetan lalu lintas sangat parah terjadi.

Pada pukul 20.30 WIB, di jalan Gatot Subroto, Kuningan, dan mampang prapatan, Jakarta Selatan mengalami kemacetan panjang dan kemacetan ini terjadi akibat titik banjir yang berada di jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan.

Terlihat banyak pengendara motor yang nekat menerobos banjir dan juga mobil. Tidak sedikit motor yang mengalami mogok akibat nekat menerobos banjir yang cukup dalam.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, per pukul 18.00 WIB ada 41 RT di Jakarta yang terendam banjir dengan ketinggian air beragam.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di tujuh ruas jalan dan lima RT, saat ini menjadi 17 ruas jalan dan 41 RT," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangan tertulisnya, Kamis 6 Oktober 2022.

BACA JUGA:Banjir, Tembok MTsN 19 Pondok Labu Jakarta Roboh, 3 Siswa Meninggal

Isnawa menambahkan akibat banjir tersebut, sebanyak 68 kepala Keluarga dan 270 jiwa di Kelurahan Kalibata, Jakarta Selatan mengungsi di Masjid Al Mustaghfirin.

Seluruh RT yang tergenang banjir berada di Jakarta Selatan. Sementara, ruas jalan yang tergenang juga didominasi di wilayah Jakarta Selatan, hanya satu titik yang tergenang berada di Jakarta Timur.

Isnawa mengatakan berdasarkan informasi kewaspadaan cuaca ekstrem yang dirilis BMKG untuk periode tanggal 2-8 Oktober 2022, telah terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada Kamis 6 Oktober 2022.

Hal ini menyebabkan kenaikan status siaga Pintu Air Sunter Hulu menjadi Siaga 3 (Waspada), Pintu Air Cipinang Hulu Siaga 3 (Waspada) dan Pintu Air Manggarai Siaga 3 (Waspada) serta genangan di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: