Puluhan RT Terendam Banjir, Wagub DKI: Tidak Hanya Jakarta

Puluhan RT Terendam Banjir, Wagub DKI: Tidak Hanya Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. -Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID--Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menanggapi terkait bencana banjir yang merendam puluhan RT akibat luapan Kali Ciliwung, Senin, 10 Oktober 2022.

Ia mengatakan bahwa banjir tersebut tidak hanya melanda kota Jakarta, akan tetapi juga melanda wilayah-wilayah lainnya yang ada di Indonesia. 

"Seperti yang kita ketahui bersama tidak hanya Jakarta, tapi berbagai daerah seluruh Indonesia mengalami hal yang sama," kata Riza Patria di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. 

BACA JUGA:Ditanya Penyebab Banjir Jakarta, Anies Baswedan: Akibat Banyaknya Air yang Jatuh Bersamaan

Riza pun mengaku bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam menangani bencana, mulai dari pembangunan waduk, pengerukan sungai dan meningkatkan daya tampung air dan program grebek lumpur. 

"Kita sudah siapkan pula early warning di setiap kelurahan yang penting mari semua bersinergi kita hadapi bersama," ujarnya. 

Ia pun megimbau kepada warga, khususnya warga Jakarta untuk berhati-hati karena BMKG sudah mengumumkan bahwa dalam itensitas hujan yang tinggi. 

"Bagi warga harus lebih hati-hati karena memang seperti yang sudah disampaikan oleh BMKG ada intensitas hujan yang tinggi yang dapat menimbulkan genangan yang cukup bahkan berpotensi banjir," jelas Riza.

BACA JUGA:Gapura Little India di Jakarta Pusat Diresmikan, Anies: Ini Adalah Kota Global

Diberitakan sebelumnya, kali Ciliwung meluap dan sebanyak 68 RT di Jakarta Timur dan Selatan terendam.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 68 RT, saat ini menjadi 63 RT atau 0,207% dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji dalam keterangannya.

Adapun sebelumnya banjir tersebut sempat merendam 17 RT di Jakarta Selatan dan 46 RT di Jakarta Timur dengan ketinggian banjir yang berbeda-beda. 

Selain itu, BPBD DKI Jakarta bersama Pemerintah Kota Jakarta Timur dan Satgas Bencana Kementrian PUPR melakukan giat kerja bakti pascabencana banjir yang terjadi di Jalan Masjid Al Makmuriyah, Jakarta Selatan.

BACA JUGA:Soal Formula E, Anies Baswedan Yakin KPK Profesional Dalam Jalani Tugas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: