Banjir dan Longsor di Lebak: Ratusan Rumah Terendam, 3 Jembatan Rusak

Banjir dan Longsor di Lebak: Ratusan Rumah Terendam, 3 Jembatan Rusak

Warga dan relawan membersihkan lumpur usai banjir di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak.-yusuf permana/radarbanten-

LEBAK, DISWAY.ID-- Bencana banjir dan longsor yang terjadi di lima kecamatan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, akhir pekan kemarin menyebabkan kerugian cukup banyak.

Berdasarkan update data dampak bencana alam yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, ada 210 rumah di lima kecamatan, yakni Bayah, Cilograng, Cigemblong, Panggarangan, dan Cibeber, yang terdampak banjir.

Dari 210 rumah, puluhan rumah dilaporkan rusak ringan, sedang, hingga berat.

BACA JUGA:Jembatan Penghubung 2 Desa di Kabupaten Lebak Putus, Aktivitas Warga Terganggu

Selain banjir, puluhan rumah di Kecamatan Cibeber dilaporkan rusak akibat longsor yang melanda daerah itu. Selain itu, ada 45 titik jalan juga tertimbun material longsor.

Dilansir radarbanten (Disway National Network), pihak BPBD Lebak juga mencatat ada 5 sarana ibadah dan 3 jembatan penghubung rusak akibat banjir. 

“Untuk banjir sudah surut dan sejauh ini kita data ada 210 rumah yang terdampak. Nah untuk longsor di Cibeber itu ada di 45 titik jalan dan puluhan rumah dilaporkan tidak bisa dihuni karena longsor. Untuk jumlah pastinya masih kita verifikasi,” kata Kepala BPBD Lebak Febby Rizki Pratama, Senin 10 Oktober 2022.

Diungkapkan Febby, wilayah Kecamatan Cibeber yang longsor kondisinya sangat parah, dibandingkan banjir di Kecamatan Bayah.

Kondisi demikian lantaran wilayah tersebut diguyur hujan ekstrem, yaitu mencapai 201 MM per detik.

Curah hujan yang ekstrem itu disebut telah menyebabkan longsor di sejumlah titik.

BACA JUGA:Kapolda Jatim Diganti, Irjen Pol Nico Afinta Jadi Sahlisosbud Kapolri

“Sebenarnya Cibeber ini kondisinya sangat parah, selama ini kan fokus kita banjir di Bayah. Tapi sebenarnya kalau melihat gambaran hari ini dari relawan kami yang turun, Cibeber ini justru lebih parah. Rumah banyak yang longsor, di Desa Cikadu saja ada 13 rumah. Belum lagi di desa-desa lain dan 45 titik jalan,” ucapnya.

BPBD sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengevakuasi material longsor yang menutupi 45 titik jalan di Cibeber.

“Alhamdulillah semalam sudah turun 1 alat berat dari Dinas PUPR Provinsi Banten dan kita juga turut mendorong perusahaan swasta untuk mengevakuasi material longsor. Sekarang jalan sudah bisa dilalui,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: