PSSI Beberkan Hasil Pertemuan dengan Komnas HAM Terkait Kanjuruhan

PSSI Beberkan Hasil Pertemuan dengan Komnas HAM Terkait Kanjuruhan

(Kiri ke Kanan) Irjen Pol (Purn) Bambang Usadi (Staff Khusus pssi) Yunus Nusi, (sekjen pssi) Mayor Jenderal TNI (Purn.) Sonhadji (ketua tim investigasi pssi) Markus (anggota komisi banding)-Intan Afrida Rafni/disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID-Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Sonhadji membeberkan hasil pertemuan pihaknya dengan Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Masnusia (HAM). 

Pada pertemuan tersebut, Sonhadji mengatakan bahwa pihak Komnas HAM banyak memepertanyakan terkait hubungannya dengan panitia pelaksana dan tragedi penembakan gas air mata di Kanjuruhan, Malang. 

"Intinya adalah bahwa Komnas Ham mempertanyakan bagaimana hubungan PSSI, PT LIB, kemudian panpel, kemudian bagaimana mekanisme penjadwalan hukuman, dan lain-lain sampai dengan masalah adanya penembakan gas air mata," ujar Sonhadji saat konferensi pers, Kamis 13 Oktober 2022.

BACA JUGA:Usai Diperiksa Komnas HAM Soal Kanjuruhan, Ketum PSSI Iwan Bule: Ada Juru Bicara

Selama pertemuan tersebut, pihak PSSI pun kerap memperhatikan dan mencatat usulan-usulan dari Komnas Ham untuk PSSI ke depannya, salah satunya adalah trauma healing. 

"Dari hasil pertemuan itu catatan-catatan yang menjadi atensi dari Komnas HAM untuk perbaikan PSSI tentunya sudah kami rangkum," kata Sonhadji. 

"Kami catat nanti mungkin dari kesaksiannya juga akan Menindaklanjuti, termasuk atensi dari Komnas HAM tentang adanya trauma healing," lanjutnya. 

BACA JUGA:Iwan Bule Ikut Rombongan PSSI ke Komnas HAM Terkait Tragedi Kanjuruhan

Dari pantauan Disway.id, pada konferensi pers tersebut tampak hadir Staff Khusus PSSI, Irjen Pol (Purn) Bambang Usadi, Sekretaris Jendral PSSI, Yunus Nusi, Mayor Jenderal TNI sekaligus ketua tim investigasi PSSI, Sonhadji dan Anggota Komisi Banding, Markus. 

Mereka mulai melakukan pertemuan dengan pihak Komnas Ham sekitar pukul 15.00 WIB hingga 17.40 WIB. 

Diinformasikan sebelumnya, bahwa Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengkonfirmasi kehadirannya ke Kantor Komnas HAM. 

Kehadiran M.Iriawan ke Kantor Komnas HAM dalam rangka memenuhi panggilan dalam rangka pengembangan kasus kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang.

BACA JUGA:2 Unit Kepolisian yang Tembak Gas Air Mata di Kanjuruhan Dikantongi Komnas HAM

"PSSI memang komunikasinya insya Allah Ketumnya hadir, tapi kita juga minta komisi2nya agar semuanya lengkap," kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam di Kantornya, Kamis 13 Oktober 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: