Siapkan Dana Rp 39, 8 Miliar, Edy Rahmayadi Canangkan Mudik Gratis Nataru 2022

Siapkan Dana Rp 39, 8 Miliar, Edy Rahmayadi Canangkan Mudik Gratis Nataru 2022

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi-@edy_rahmayadi-Instagram

MEDAN, DISWAY.ID - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mencanangkan program mudik gratis bagi masyarakat Sumut pada Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumut Naslindo Sirait menyebut anggaran program mudik gratis ini ditampung dalam dana Rp 39,8 miliar yang disediakan oleh pihaknya untuk mengendalikan dampak inflasi di Sumut.

"Untuk persiapan Nataru, kami akan memfasilitasi mahasiswa dan beberapa masyarakat untuk mudik Natal dan Tahun Baru nanti," ujarnya, Jumat 21 Oktober 2022.

BACA JUGA:Dubes Ukraina Kecewa Ucapan Edy Rahmayadi Jika Menjadi Putin

Naslindo sendiri belum memerinci lebih jauh soal mudik gratis itu. 

Namun, dia mengaku program tersebut dilakukan oleh Pemprov Sumut untuk membatu masyarakat yang tengah merayakan hari besar keagamaannya.

Selain program mudik gratis, Pemprov Sumut juga akan menggelar pasar murah di sejumlah titik dalam momen merayakan Nataru. 

Program ini juga digelar untuk membantu meringankan beban masyarakat. Apalagi, di momen Nataru, biasanya akan memicu kenaikan inflasi.

BACA JUGA:Edy Rahmayadi: Jika Menjadi Putin, Saya Serang Ukraina Sejak Tiga Tahun Lalu! Maksudnya Apa Nih?

Dia berharap pasar murah ini juga akan diikuti oleh kabupaten/kota lainnya.

"Pasar murah ini harapannya diikuti oleh kabupaten/kota, kalau semua melakukan itu jadi nanti baik masyarakat yang berpenghasilan rendah, pegawai yang pendapatannya tetap, sementara inflasi juga naik. Nah mereka bisa mengambil barang-barang yang di pasar murah," ungkapnya. 

Mantan Kepala Bappeda Mentawai itu berharap Pemprov Sumut pada Oktober 2022 ini dapat deflasi. Jika pun tidak, dia berharap inflasi di Sumut hanya berada di angka 0,3 persen.

"Kami berharap Oktober nanti bisa deflasi, mudah-mudahan bisa, November mungkin kalau pun ada inflasi hanya sekitar 0,3 dan kami berharap juga di Desember itu juga tidak terlalu tinggi," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com