Jalan Tol Semarang - Demak Seksi II Segera Diresmikan, Jalur Alternatif Hindari Macet Pantura

Jalan Tol Semarang - Demak Seksi II Segera Diresmikan, Jalur Alternatif Hindari Macet Pantura

Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak pada Juni 2021 silam. -Dok. Bpjt-

SAYUNG, DISWAY.ID-Jalan Tol Semarang - Demak Seksi II akan diresmikan pada 25 November 2022 nanti. 

Jalan Tol Semarang - Demak Seksi II (Sayung - Demak)  terbentang sepanjang 16,31 kilometer. Jalur ini bisa digunakan sebagai alternatif pemecah kemacetan diakibatkan pembangunan Jembatan Wonokerto, di Pantura Semarang-Demak. 

Humas PT PP Semarang–Demak Seksi II, Robby Sumarna mengatakan, fokus pada pembangunan gardu exit tol.

BACA JUGA:Daftar Jalan Tol yang Terpasang ETLE

“Alhamdulillah sampai saat ini, pembangunan Tol Semarang Demak Seksi II sudah mencapai 98 persen. Tinggal dua persen, yakni pembangunan exit tol, perambuan, dan penerangan yang nanti tanggal 18 november akan dilakukan pemasangan,” kata Robby.

Robby menambahkan, tanggal peresmian dimajukan karena ada penurunan tanah di tiga titik ruas tol.

“Jadi, ada tiga titik yang mengalami amblas. Namun sudah selesai kami perbaiki, dengan mengganti kontruksinya. Ya karena ada penurunan tanah, dan karena ada kontruksi yang tidak sesuai desain. Tapi sudah 100 persen kami perbaiki,” pungkas Robby dalam keterangan tertulis yang dikutip 4 November 2022. 

Sementara itu, Satuan Lalu Lintas Polres Demak melakukan pengecekan jalur, menjelang peresmian Jalan Tol Semarang-Demak seksi II, Kamis 3 November 2022. 

BACA JUGA:Detik-detik Mini Bus Tabrak Belakang Truk di Tol Semarang Solo Tewaskan 5 Penumpang, Terseret Hingga 2 Km

“Kami bersama Jajaran Satlantas dan PT PP, melakukan pengecekan terkait perkembangan Tol Semarang– Demak, sehingga tanggal 25 November nanti bisa dilakukan fungsional tol jalur alternatif akibat perbaikan Jembatan Wonokerto,” terang Kasatlantas Polres Demak, AKP Gargarin.

Selain itu, terkait mekanisme pengamanan dan penanganan laka, Kasatlantas Demak menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait.

“Jika terjadi, dalam penanganan laka lantas di dalam tol, tentunya ditangani oleh Satlantas Polres Demak. Namun, nanti juga ada satuan PJR Polda Jawa Tengah yang akan mem-backup,” tambah Kasatlantas Polres Demak.

Sebagai informasi, Jalan Tol Semarang - Demak sepanjang 26,7 Km terdiri dari 2 seksi, dibangun dengan skema Kerja Sama Badan Usaha dengan Pemerintah (KPBU) dengan nilai investasi sebesar Rp 5,4 triliun.

Untuk Seksi 1 (Kaligawe - Sayung) sepanjang 10,39 km merupakan dukungan Pemerintah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait