Warga Ibu Kota Tak Perlu Khawatir, Stok Berasnya Disebut Melimpah

Warga Ibu Kota Tak Perlu Khawatir, Stok Berasnya Disebut Melimpah

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ibu Kota DKI Jakarta disebut Badan Pangan Nasional (Bapanas) akan kebanjiran stok beras saat ini.

Kepala Badanas, Arief Prasetyo Adi mengatakan rencananya akan memobilisasi stok dari daerah surplus ke daerah defisit.

"Kita akan mobilisasi stok dari Sulawesi Selatan. Jadi Pak Gubernur, yang ada di Sulawesi Selatan juga konfirmasi stok dari Makassar kita geser sekitar 6000 ton dari NTB 9,845 ton," katanya saat menjelaskan ke Pj Gubernur DKI Jakarta, Menteri Perdagangan dan Kepala Satgas Pangan Polri, di Pasar Induk Beras Cipinang, Senin 7 November 2022.

BACA JUGA:Lubang Proyek Pejaten Makan Korban, Biang Macet dan Sumber Petaka

"Kemudian dari Bulog sekitar 14.000 ton, jadi Pak Gubernur, Pak Menteri, Pak Kepala Satgas Pangan, Jakarta ini akan kebanjiran stok selanjutnya lagi," tambahnya.

Dijelaskannya, stok beras Bulog masih perlu ditambah. Lantaran, dia menyebut stok nasional saat ini hanya sekitar 6,6 juta ton.

"Memang kita punya PR sedikit, memang kita mau top up. Jadi stok Bulog harus di top up sampai ke 1 sampai dengan 1,2 juta ton. Jadi memang perspektif pasar yang harus kita bangun," jelasnya.

"Seperti yang dilaporkan kita semua, Pak Mendag setiap minggu bersama teman-teman Menteri juga seminggu sekali perlu diabsen Pak Presiden bahwa memang harus di stok bulog ini memang harus di top up 1,2 juta ton," ujar dia.

BACA JUGA:Viral Aksi Keluarga Brigadir J Asyik Joget dan Nyanyi Bareng Bikin Geger, Kamaruddin Buru-buru Buat Pengakuan!

Lebih lanjut, dia memaparkan harga beras medium saat ini di tingkat Pasar Induk yakni Rp 8.900. Kemudian, harga yang akan diturunkan ke pasar-pasar mulai dari Rp 9.300.

"Hari ini kita bangun harga Rp 8.900 di tingkat pasar induk Cipinang dan 9.300 di pasar-pasar turunan di Jakarta, ada sekitar 153 pasar itu juga akan kita guyur," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketersediaan Beras di Indonesia saat ini disebut Menteri (Mendag) relatif aman dan tercukupi.

Mendag, Zulkifli Hasan mengatakan hal tersebut saat dirinya sendiri ketersediaan beras dan stabilisasi harga di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Senin (7/11).

BACA JUGA:Ekspresi Wajah Putri Candrawathi saat PCR Terungkap, Nakes Bersaksi Soal Raut Wajah, Gembira atau Sedih?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: