TPT di Banten Turun, Pj Gubernur Al Muktabar: Perekonomian Membaik

TPT di Banten Turun, Pj Gubernur Al Muktabar: Perekonomian Membaik

PJ Gubernur Banten, Al Muktabar -Rafi Adhi Pratama-

SERANG, DISWAY.ID-- Berdasarkan data resmi statistik No.56/11/36/Th.XVI milik Badan Pusat Statistik (BPS) Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Provinsi Banten pada Agustus 2022 sebesar 8,09 persen atau turun 0,89 persen poin dibandingkan dengan Agustus 2021. 

Penjabat (Pj) Gubenur Banten, Al Muktabar mengatakan hal tersebut lantaran tren perekonomian Provinsi Banten semakin membaik dan pihaknya bersyukur hal tersebut terjadi.

"Kita bersyukur sekali dengan ada tren keadaan kita membaik, baik itu pengangguran, laju pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Dan tentu itu bukan kerja sendiri, tapi ini kerja bersama," katanya kepada awak media.

BACA JUGA:Masuk 3 Besar Nasional, Pengangguran di Banten Capai 523 Ribu Orang

"Pemerintah Provinsi Banten mengupayakan bagaimana tata kerja pembangunan di Provinsi Banten dapat terus membaik. Baik itu dalam penanganan pengangguran terbuka, inflasi, kemiskinan, serta laju pertumbuhan ekonomi," tambahnya.

Dijelaskannya, turunnya TPT di Provinsi Banten tersebut merupakan hasil kerja bersama, baik itu Pemprov Banten, Pemerintah Kabupaten/Kota, masyarakat serta stakholder lainnya dalam rangka proses pembangunan.

"Ini mudah-mudahan salah satu kegiatan yang mengisyaratkan kepada kita semua, bahwa dengan kita bersama menggiatkan tata kehidupan ini, kita akan terus bersama juga untuk mendapatkan hasilnya," ungkap Al Muktabar.

Diungkapkannya, pihaknya juga turut melibatkan masyarakat dalam agenda kerja Pemerintah. Selain itu, Pemprov Banten juga terus berupaya untuk dapat menjaga agenda kerja investasi yang telah ada di Provinsi Banten.

"Jadi kita berharap yang telah berinvestasi di Banten untuk kita bersama menggiatkan apa yang bisa kita bantu, kita lakukan. Itu yang disebut merawat yang ada atau  intensifikasi," ungkapnya.

BACA JUGA:Mahfud MD Ajak Komisi Antirasuah Berantas Mafia Tambang, KPK: Satgas Dibentuk

Tidak hanya itu, ujar Al Muktabar, Pemprov Banten juga membuka kesempatan kepada pengusaha yang ingin atau berminat melakukan investasi di Provinsi Banten.

Sebagai informasi, Berita Resmi Statistik No.56/11/36/Th.XVI BPS, jumlah angkatan kerja pada Agustus 2022 di Provinsi Banten sebanyak 6,46 juta orang, naik 202,98 ribu orang dibanding Agustus 2021. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) naik sebesar 0,93 persen poin. 

Penduduk yang bekerja sebanyak 5,94 juta orang, naik sebanyak 242,27 ribu orang dari Agustus 2021. Lapangan pekerjaan yang mengalami peningkatan terbesar adalah Sektor Industri Pengolahan (183,27 ribu orang).

Sementara sektor yang mengalami penurunan yaitu Sektor Perdagangan Besar dan Eceran (91,01 ribu orang).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: