Evti Setahun Obati Autoimun, Dibiayai JKN

Evti Setahun Obati Autoimun, Dibiayai JKN

Evti di kantor BPJS Kesehatan Jakarta Barat.-BPJS Kesehatan-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Biaya pengobatan penyakit lupus atau autoimun cukup besar. Namun, dengan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), biaya yang besar itu bisa di-cover. Evti, 25 tahun, telah membuktikannya. Dia telah pulih dari penyakit lupus yang pernah dideritanya tahun 2019 silam. 

Proses pengobatan yang dijalaninya dengan selama kurang lebih satu tahun itu berjalan lancar dengan pengurusan administrasi menggunakan Kartu JKN.

“Selama tahun 2019 hingga tahun 2021 saya kerap menjalani proses rawat jalan dengan Kartu JKN untuk pemulihan penyakit lupus saya ini. Bahkan, saya sempat diharuskan untuk menjalani pengobatan rawat inap karena imun saya yang begitu drop kala itu," kata Evti.

Waktu itu, kata Evti, untuk duduk pun tidak bisa tanpa bantuan para perawat medis di Rumah Sakit Pelni. Proses rawat inap di rumah sakit tersebut dijalani selama dua minggu. Evti tidak mengeluarkan biaya satu rupiah pun. 

Sama seperti operasi yang sebelumnya pernah dilalui, yaitu operasi paru–paru, operasi ini juga dijalankannya dengan jaminan kesehatan menggunakan BPJS Kesehatan. "Saya pribadi yang memang sudah mengikuti kepesertaan program JKN ini sejak lama, tidak pernah mengeluarkan biaya sama sekali. Hal ini sangat membantu, ditambah saya sebagai ibu rumah tangga merasa tidak perlu merepotkan suami dengan harus membuatnya mengeluarkan biaya yang besar untuk pengobatan saya pada masa itu," katanya.

Evti yang baru saja memastikan keaktifan status kepesertaannya ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat ini dapat tetap tenang dan menjadi lebih semangat untuk memperjuangkan kesembuhannya kala itu. Suaminya juga tidak perlu memusingkan biaya pengobatan rawat inap hingga rawat jalan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: