Alasan Putin Tak Hadiri Acara G20 di Bali

Alasan Putin Tak Hadiri Acara G20 di Bali

Vladimir Putin.--

JAKARTA, DISWAY.ID - Presiden Rusia, Vladimir Putin kabarnya telah mengkonfirmasi untuk tidak hadir pada pertemuan para pemimpin dari negara-negara Kelompok 20 (G20) di Bali.

Rencananya, Putin akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

"Presiden Rusia akan bergabung dengan salah satu pertemuan secara virtual," kata juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi, dikutip dari Reuters, Kamis 10 November 2022.

BACA JUGA:Rusia Keok! 20 Ribu Pasukan Ditarik Mundur dari Kherson, Ukraina Waspada Jebakan

Beberapa kepala negara/kepala pemerintahan yang terkonfirmasi bakal menghadiri KTT G20 secara langsung di Bali, antara lain Presiden Amerika Serikat Joe Biden, 

Presiden China Xi Jinping, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

Selain itu, Jokowi juga mengaku telah menghubngi via telepon Presiden Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy ke Bali karena belum mengkonfirmasi kehadirannya. 

BACA JUGA:Terbongkar! BPOM Ungkap Biang Kerok Kasus Gagal Ginjal Akut di Indonesia

Menurutnya, kedua negara beralasan masih mempertimbangkan situasi dan kondisi di negara masing-masing.

"Beberapa hari yang lalu saya juga sudah bertelepon, berbicara lewat telepon dengan Presiden Putin dan Presiden Zelensky, beliau menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan," kata Presiden Jokowi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: