10 Jurusan Kuliah Berpeluang Jadi PNS, Masa Depan Dijamin Cerah

10 Jurusan Kuliah Berpeluang Jadi PNS, Masa Depan Dijamin Cerah

Daftar 10 jurusan kuliah yang berpeluang bisa jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)-ilustrasi-Sasint-Pixabay

Masih terkait dengan bidang politik, jurusan politik dan pemerintahan juga memiliki banyak peluang bagi kalian yang ingin berkarier sebagai PNS. Salah satu kampus yang menyediakan program studi politik dan pemerintahan adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

Prospek kerja untuk lulusan bidang studi tersebut, ialah praktisi maupun peneliti di sektor pemerintahan maupun swasta, pegawai Kementerian Sosial, politisi, dan sebagainya.

8. Jurusan Pendidikan

Profesi guru di Indonesia tentunya selalu dibutuhkan. Sobat Medcom yang berkeinginan menjadi seorang pengajar, ada banyak pilihan program studi (prodi) yang bisa dipilih.

Kalian bisa memilih prodi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), pendidikan guru PAUD, pendidikan bahasa Inggris, PGSD pendidikan jasmani, dan lainnya. Saat ada lowongan CPNS seperti PPPK Gur, kalian bisa mencoba peluang tersebut.

9. Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen memiliki banyak kesempatan di sektor pemerintahan. Misalnya, pada CPNS Kementerian Luar Negeri membutuhkan lulusan S1 manajemen untuk posisi perencana, arsiparis, penata kanselerai, analis kelembagaan, dan yang lainnya.

BACA JUGA:Berkas Perkara Irjen Teddy Minahasa Masih Diperiksa Kejaksaan, Polda Metro Berharap Bisa Segera Disidangkan

10. Jurusan Bahasa Inggris

Lulusan Sastra Inggris tidak hanya memiliki prospek karier sebagai pengajar, penerjemah, humas, atau bidang tulis-menulis. 

Kementerian Luar Negeri misalnya membutuhkan staf diplomat dengan syarat S1 sastra Inggris.

Kemudian, di Kejaksaan Agung pada penerimaan ASN juga membutuhkan Ahli Pertama Penerjemah lulusan S1 bahasa Inggris. 

Prodi Sastra Inggris menawarkan banyak mata kuliah. Misalnya, reading scientific texts, paragraph writing, pragmatics, reading for general interests, dan banyak lagi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: