10 Jurusan Kuliah Berpeluang Jadi PNS, Masa Depan Dijamin Cerah

10 Jurusan Kuliah Berpeluang Jadi PNS, Masa Depan Dijamin Cerah

Daftar 10 jurusan kuliah yang berpeluang bisa jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)-ilustrasi-Sasint-Pixabay

Jurusan kesehatan selalu dibutuhkan dalam rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS). Formasi yang dibutuhkan terkait jurusan kesehatan, misalnya Administrator Kesehatan Ahli Pertama.

Terkait dalam bidang ini, calon mahasiswa dapat memilih berbagai jurusan, seperti diploma pengobatan tradisional, keperawatan, kebidanan, epidemiologi, dan sebagainya.

4. Jurusan Teknik

Program studi yang dibutuhkan untuk mengisi formasi PNS di pemerintahan tidak cuma teknik informatika dan sejenisnya. 

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada CPNS juga membutuhkan Penyusun Respons Insiden Keamanan dengan salah satu kualifikasinya S1 teknik elektro.

Kemudian, Badan SAR Nasional juga mensyaratkan S1 teknik perkapalan, teknik mesin, teknik elektro, dan teknik sipil untuk mengisi formasi Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli. 

Demikian juga di Kementerian PUPR, lulusan S1 teknik sipil menjadi kualifikasi posisi Ahli Pertama-Auditor.

BACA JUGA:Imbas Youtuber Inggris Hina Batik, Dapat Ancaman Pembunuhan Hingga Buat Klarifikasi

5. Jurusan Psikologi

Lulusan bidang studi psikologi memang umumnya dikenal sebagai psikolog, HRD, pengajar, dan sebagainya di sektor swasta. Namun, karier pemerintahan untuk bidang ini juga sebenarnya cukup beragam.

Kementerian Luar Negeri misalnya, lulusan S1 psikologi diperlukan untuk mengisi formasi Asesor SDM Aparatur, Analis Pengembangan Kompetensi, Analis Kerjasama Diklat, dan Analis Kompetensi Tenaga Pengajar.

6. Jurusan Hukum

Sektor hukum dalam pemerintahan membutuhkan banyak tenaga ahli. Misalnya, ada sejumlah formasi di Kejaksaan Agung yang membutuhkan lulusan dalam bidang Analis Rancangan Naskah Perjanjian.

Formasi itu membutuhkan lulusan S1 hukum maupun ilmu hukum. Ada pula formasi Ahli Pertama Jaksa yang syaratnya adalah lulusan S1 hukum.

7. Jurusan Politik dan Pemerintahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: