Sail Tidore Expo 2022 Bisa Jadi Stimulus Penguatan Perdagangan Antarpulau

Sail Tidore Expo 2022 Bisa Jadi Stimulus Penguatan Perdagangan Antarpulau

Mendag Zulkifli Hasan dalam acara Sail Tidore 2022.-Tangkapan layar-

Pada 2021, nilai ekonomi digital Indonesia mencapai USD 70 miliar dan merupakan yang tertinggi di ASEAN. Transaksi niaga-el (e-commerce) memberikan kontribusi terbesar terhadap ekonomi digital Indonesia USD 53 miliar. Jumlah ini diprediksi akan meningkat hingga USD 104 miliar pada 2025 dengan pertumbuhan 18 persen. Kondisi ini harus dapat dijadikan momentum dalam percepatan transformasi digital.

BACA JUGA:Peran Putri Candrawathi Alihkan Rekening Brigadir J Terungkap, Anak Sambo Terima Transferan Bripka RR

Pelaku usaha, khususnya UKM, harus dapat beradaptasi, berinovasi, dan berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam pengembangan usaha.

"Pelaku usaha perlu berinovasi dalam menyediakan barang/jasa yang berkualitas dan berdaya saing sesuai kebutuhan pasar. Peningkatan jumlah pelaku usaha bertransformasi digital merupakan fondasi bagi Indonesia untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digitalnya," jelas Didi.

Didi berharap, Sail Tidore Expo dapat menarik antusiasme para pengunjung untuk dapat melihat produk-produk lokal berkualitas.

"Selain itu, para peserta pameran dan pelaku usaha lainnya juga dapat memanfaatkan kegiatan yang akan dilaksanakan di area pameran, seperti seminar pemasaran digital, informasi mengenai ekspor, dan akses pembiayaan," pungkasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Walikota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim berharap pengembangan dan pemberdayaan UKM di Kota Tidore Kepulauan dan Maluku Utara dapat meningkatkan daya saing produk.

“Ke depan, kita berharap kegiatan pameran seperti ini dapat terus dilaksanakan sehingga dapat membuka akses pasar bagi para pelaku UKM lokal,” ujar Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: