Alasan Anies Baswedan Tak Diundang di Reuni 212, Ketua Panitia Buka Suara

Alasan Anies Baswedan Tak Diundang di Reuni 212, Ketua Panitia Buka Suara

Anies Baswedan ditemui Habib Rizieq di Petamburan, Jakarta.-Foto/Twitter/@ekowboy2-

JAKARTA, DISWAY.ID - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dipastikan tidak mengikuti Reuni 212 di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Jumat 2 Desember 2022.

Penanggung Jawab Reuni 212, Yusuf Martak mengatakan, bahwa pihaknya hanya mengundang tokoh agama dan ulama dalam acara yang akan berlangsung di Masjid At-Tin tersebut.

"Anies Baswedan enggak kami undang, Anies Baswedan kan enggak mungkin baca doa, jadi enggak kami undang," ujar Yusuf.

BACA JUGA:Berstatus Bebas Bersyarat, HRS Konsultasi Dahulu Sebelum ke Reuni 212

Selain itu, Yusuf mengaku jika panitia tidak mengundang tokoh yang berkaitan dengan politik, termasuk Anies Baswedan. 

"Karena kami enggak mengundang orang-orang yang (ada) kaitannya dengan politik," ujarnya.

Yusuf menyebut, Reuni 212 kali ini mengusung tema "Munajat Akbar dan Indonesia Bershalawat untuk Keselamatan NKRI" dan akan fokus pada kegiatan doa bersama serta bermunajat.

Atas dasar itu, panitia penyelenggara tidak ingin Reuni Aksi 212 justru dianggap ataupun dijadikan ajang berpolitik oleh para politisi.

Selain Habib Rizieq, Habib Bahar dan Titiek Soeharto terdapat pula tokoh-tokoh agama lainnya yang turut hadir di antaranya Buya Qurtubi, Habib Muhammad FPI, Yusuf Martak, KH Abdul Qohar, buya Yahya, Abah Raud, Habib Hanif, Slamet Ma'arif, KH Nonop, KH Maksum, Habib Mahdi, dan KH Munawar Aseli.

BACA JUGA:Sempat Ragu di Reuni 212, Habib Rizieq Shihab Ungkap Alasan Tetap Hadir

Diketahui, Rizieq Shihab baru saja dibebaskan dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri pada 20 Juli 2022 lalu.

Sebelumnya, Rizieq Shihab divonis bersalah atas kasusnya yang menyebarkan berita bohong dan menimbulkan keonaran terkait persoalan tes usap RS Ummi.

Pertimbangan Kehadiran Habib Rizieq

Sebelum datang ke reuni 212 di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII) di Jakarta Timur, Habib Rizieq Shihab berkonsultasi dahulu ke tim hukumnya.

Sumber: