Siap-siap, TV Analog di Surabaya Bakal Dimatikan pada 20 Desember 2022

Siap-siap, TV Analog di Surabaya Bakal Dimatikan pada 20 Desember 2022

Ilustrasi Siara TV Digital--ist

JAKARTA, DISWAY.ID - Program suntik mati TV analog atau Analog Switch Off (ASO) tahap berikutnya akan digelar di Surabaya dan sekitarnya yang masuk wilayah Jawa Timur-1 pada Selasa 20 Desember 2022 pukul 24.00.

"Lembaga penyiaran bersepakat melaksanakan penghentian siaran analog ke siaran tv digital pada tanggal 20 Desember 2022 pukul 24.00 untuk wilayah Jawa Timur-1," kata Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dalam keterangannya, Jumat 9 Desember 2022.

Wilayah siaran Jatim-1 meliputi 10 kabupaten dan kota, yakni Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Bangkalan, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, dan Kota Surabaya.

"Distribusi set top box (STB) di wilayah ini sudah mencapai 100 persen sebelum tanggal 20 Desember 2022," ujarnya. 

BACA JUGA:Tunggu Ahli

Kominfo juga menyambut baik komitmen penyedia STB dan TV digital terkait ketersediaan perangkat penunjang ini.

"Kominfo menyambut baik kesepakatan lembaga penyiaran menghentikan siaran analog (ASO) pada tgl 20 Des 2022 pukul 24.00," ucapnya.

"Kementerian Kominfo juga menyambut baik komitmen Gabungan Pengusaha Elektronika (Gabel) yang merupakan asosiasi vendor STB dan tv digital menjamin ketersediaan STB di pasaran dengan harga terjangkau," lanjutnya.

BACA JUGA:MU Kepincut Kiper Maroko yang Sukses Buat Spanyol Pulang Kampung!

Atas rencana ini, Kominfo mengimbau masyarakat untuk segera melengkapi kebutuhan untuk dapat menikmati siaran TV digital, salah satunya STB jika TV di rumahnya belum menunjang teknologi DVB-T2.

"Kominfo mendorong masyarakat di Jatim-1 yang TV-nya masih analog untuk melengkapi dengan STB dari sekarang agar pada saat ASO 2 Desember 2022 sudah siap menikmati siaran TV digital yg bersih gambarnya, jernih suaranya dan canggih teknologinya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: